Published On: Mon, Jan 29th, 2018

Membangun Poros Maritim dari Padang, Presiden Jokowi akan hadiri Puncak HPN 2018

Presiden Jokowi bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

MN, Jakarta – Padang sebagai kota pesisir barat Suamtera yang memiliki nilai strategis dalam membangun potensi maritim Indonesia, tahun 2018 ini ditetapkan sebagai tuan rumah perhelatan Hari Pers Nasional (HPN). Sejalan dengan visi Poros Maritim Dunia, Padang sudah beberapa kali menggelar event berskala nasional dan internasional, yang bermuara pada naiknya citra Indonesia sebagai negara maritim yang mendunia.

Poros Maritim Dunia yang dapat diartikan sebagai titik keseimbangan antara 2 samudera penting di dunia, Pasifik dan Hindia memerlukan daerah-daerah strategis yang menopang pertumbuhan ekonomi di antara 2 titik tersebut. Kota Padang yang langsung bersinggungan dengan Samudera Hindia menjadi daerah strategis untuk memperkuat titik keseimbangan itu.

Beberapa program untuk mendukung visi maritim Presiden dilaksanakan di sana. Salah satunya HPN 2018, di mana Presiden Jokowi sendiri rencananya akan berada di Padang untuk menghadiri acara puncaknya pada 8 dan 9 Februari 2018 mendatang.

Hal itu dipastikan setelah Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno yang didampingi Kepala Biro Humas Setda Provinsi Sumbar dan Kepala Balitbang Prov Sumbar beserta Ketua PWI Pusat Margiono dan beberapa panitia pusat HPN 2018 beraudiensi dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Jakarta, beberapa hari lalu.

“Tadi kita telah diskusi dengan Mensekneg Pratikno soal kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah HPN 2018. Secara keseluruhan kita sudah siap, Insyaa Allah Presiden tanggal 8 dan tanggal 9  Februari 2018 itu akan datang ke Sumbar menghadiri helat akbar wartawan ini. Beberapa agenda besar peresmian beberapa proyek di Sumbar telah diagendakan oleh Kemensekneg. Mudah-mudahan ndak ada kendala dan perobahan” jelas Irwan Prayitno.

Lebih lanjut, Menteri Pratikno berpesan agar Gubernur beserta jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan PWI Pusat dan PWI Sumatera Barat, agar menyiapkan acara sebaik-baiknya, sehingga kehadiran kepala negara membawa manfaat bagi rakyat.

Sebagaimana kita ketahui, Jokowi sudah beberapa kali ke Sumatera Barat dalam sejumlah rangkaian acara. Pada setiap HPN sejak dulu presiden selalu datang, kecuali HPN di Batam, yang hadir Wapres Jusuf Kalla.

Ketua PWI Sumbar  Heranof dan Humas setda Prov Sumbar Jasman menyebut persiapan di Padang sudah hampir rampung.

“Kita mulai hitung mundur,” kata Jasman yang hadir bersama Reti Wafda, Kepala Litbang Prov Sumbar dalam pertemuan dengan Mensesneg tersebut.

Acara HPN Sumatera Barat 2018 dilaksanakan oleh Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Bertemu Menseskab

Selain itu, beberapa hari kemudian, Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno didampingi Kepala Biro Humas Setda Provinsi Sumbar Jasman dan Kepala Balitbang Reti Wafda bersama Ketua PWI Pusat Margiono beserta Panitia Pusat HPN 2018 melakukan pertemuan dengan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung untuk membicarakan lebih rinci terkait kedatangan Presiden dan beberapa Menteri Kabinet Kerja ke acara puncak HPN 2018 di Padang, Sumatera Barat.

Dalam pertemuan tersebut Gubernur kembali memastikan kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah penyelenggaraan HPN 2018.  Di samping itu, ada beberapa agenda tambahan, yakni usulan peresmian Pasar Raya Padang.

“Saat kita kemarin di Setneg, peresmian pasar raya Padang belum kita usulkan, namun hari ini surat usulan peresmian pasar raya Padang oleh Presiden langsung kita serahkan ke pak Seskab Pramono Anung. Insyaa Allah Pak Pramono akan koordinasi lagi dengan Pak Pratikno Menteri Sekretaris Negara dan meminta persetujuan Presiden. Mudah-mudahan pak Presiden setuju. Sama-sama berdoa kita, moga pak Presiden berkenan,” ujar Irwan Prayitno.

Lebih lanjut Gubernur juga menyampaikan harapannya agar Presiden berkenan hadir dan bermalam di Sumbar mulai tanggal 7 Februari hingga 9 Februari.

Senada dengan uraian Gubernur Sumbar, Ketua PWI Pusat Margiono sangat berharap Menteri-Menteri banyak yang hadir. Karena konfirmasi terakhir baru 11 Menteri yang telah menyatakan akan datang ke Sumbar.

Menjawab harapan Gubernur dan Ketua PWI Pusat, Pramono Anung menyampaikan bahwa sebenarnya Presiden berkenan hadir di Sumbar selama dua malam dan akan disiapkan dan dimatangkan.

“Mudah-mudahan Presiden tidak ada halangan sehingga dapat hadir mulai tanggal 7 Februari 2018 dan pulang tanggal 9 Februari usai upacara puncak” ujar Pramono.

Ditegaskannya, kegiatan Presiden yang telah dimatangkan antara lain Kuliah umum di UNP, peresmian Indarung VI Semen Padang, peresmian jalan by pass, penyerahan massal sertifikat tanah dan agenda agenda lainnya.

Sementara itu Hendri CH Bangun, Sekjen PWI pusat menambahkan bahwa ada hal yang baru, dimana nanti akan dideklarasikan Forum Jurnalis Perempuan di Sumbar.

“Saat ini kita lagi mematangkan segala sesuatunya tentang acara dimaksud. Jadi di sumbarlah pertama kali muncul Forum Jurnalis Perempuan ini,” kata Hendri.

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com