Published On: Thu, Dec 21st, 2017

Membangun Semangat Bela Negara dari KRI Banjarmasin-592

Ceramah Bela Negara di KRI Banjarmasin-592

MN, Jakarta – Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Banjarmasin 592 memfasilitasi ceramah bela negara yang menghadirkan Kepala Staf Umum (Kasum)  TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, MPA., MBA. Ceramah tentang Strategi Pertahanan Nasional Indonesia ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia (PKBNMI) dan Simposium Internasional Kemaritimam dalam Rangka Mendukung Nawacita.

Usai menerima ceramah, para peserta Pelayaran kebangsaan ini berangkat dari dermaga Koarmatim Rabu (20/12) dengan Kapal perang jenis LPD menuju Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara yang rencananya tiba pada Jumat (22/12).

PKBNMI ini berlangsung mulai 18-23 Desember 2017 yang diikuti 636 Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pelayaran ini dibuka oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof. Intan Ahmad, Ph.D. dan dihadiri Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., serta Prof. Teguh Soedarto (Rektor UPN Veteran Jatim/Ketua Panitia PKBN)

Prof. Intan Ahmad, Ph.D., dalam amanatnya menyampaikan bahwa, pada Upacara Pembukaan Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia dan Simposium Internasional dalam rangka mendukung Nawacita Tahun 2017, hakekat bela negara yang sesungguhnya adalah, semangat untuk membangun bangsa dan negara Indonesia demi kemajuan, kesejahteraan, dan keadilan, menuju masyarakat madani Indonesia yang bermartabat.

“Di era globalisasi ini, agar Indonesia semakin kompetitif, semua potensi yang ada harus dijadikan kekuatan dan dimanfaatkan, oleh sebab itu amatlah penting bagi kita untuk terus menanamkan dan membangkitkan semangat bela negara,” katanya.

Tentu hal ini perlu dilakukan sebagai upaya kita untuk mewujudkan cisi pembangunan nasional menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan, sesuai dengan agenda prioritas Nawacita.

Unsur-unsur Kolinlamil selalu mendukung kegiatan pelayaran bela negara, seperti sebelumnya pada 2015 KRI Banda Aceh 593 berlayar dalam rangka Santri Bela Negara.

 

(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com