Published On: Mon, Feb 5th, 2018

Meriahkan HPN 2018, Pemprov Sumbar Gelar Minangkabau Run

Wagub Sumbar Nasrul Abit melepas peserta Minangkabau Run

MN, Padang – Kota Padang di Sumatera Barat menyambut pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dengan penuh suka cita dan begitu meriah. Puncak HPN 2018 akan dilangsungkan tanggal 9 Februari 2018 mendatang.

HPN Sumbar 2018 mengangkat tema “Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan”. HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Salah satu kemeriahan kegitan HPN 2018 yang tengah berlangsung adalah Pameran Seni Rupa dan Industri Kreatif, Pembukaan Pameran Kearifan lokal dan warisan budaya serta Pameran Pers Minangkabau. Pameran ini berlangsung selama tanggal 1-9 Februari 2018 di Galeri Seni Rupa Taman Budaya, Padang.

Pada hari Sabtu pagi (3/2) lalu di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat telah dilaksanakan senam massal, sepeda santai dan doorprice. Kegiatan ini dimulai pukul 6.00 WIB.

Kemeriahan berlanjut, pada Minggu (4/2), di mana kegiatan Minangkabau Marathon atau Minangkabau Run dengan start di GOR H Agus Salim dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Selain itu, juga ada kegiatan jalan santai yang dimulai dari halaman kantor Gubernur pada hari yang sama.

Memaksimalkan persiapan dan kemeriahan acara, Dinas Kesehatan Pemerintah Sumatera Barat menyiagakan Tim P3k sejak tanggal 1-9 Februari GOR H. Agus Salim dan Halaman Kantor Gubernur.

Rangkaian acara HPN juga diisi konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak, termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

Begitu juga dengan gelaran pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro pada tanggal 8 Februari dan puncak acara HPN 2018 pada tanggal 9 Februari 2018. Kedua kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Tiga Ribu Peserta Minangkabau Run Meriahkan HPN 2018

Minangkabau Run suatu acara Olahraga pagi yang membawa tema “Lari Budaya, Budayakan Lari” yang dilepas oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit itu diikuti sebanyak kurang lebih 3000 peserta. Mereka berkumpul di garis start yang berada di Komplek Gelanggang Olahraga Agus Salim, Kota Padang, Minggu (4/2).

“Hari ini hari kelima dari kegiatan dalam HPN 2018 yaitu Minangkabau Run yang akan memutari Kota Padang dan menempuh jarak lima kilometer,” ujar Nasrul di sela-sela acara tersebut.

Narsul tidak lupa mengajak masyarakat Kota Padang untuk meramaikan kegiatan HPN 2018 yang begitu banyak dan meriah. Baginya, HPN 2018 begitu besar artinya terutama untuk memperkenalkan budaya dan pariwisata Sumatera Barat.

“Banyak kegiatan di HPN ini, ada pameran dan konvensi-konvensi termasuk juga nanti tanggal 8 Februari ada Makan Bajamba yang akan dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi bapak ibu silahkan dilihat jadwal kita sampai tanggal 9 Februari dan kita sukseskan ini bersama-sama,” pungkasnya.

 

(Anug/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha