Published On: Tue, Mar 20th, 2018

Motivasi Prajurit Daerah Terluar, Dankormar Kunjungi Pulau Ndana

Foto bersama Dankormar dengan para prajurit penjaga Pulau Ndana.

Foto bersama Dankormar dengan para prajurit penjaga Pulau Ndana.

MN, Kupang – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono M.H., M.Tr (Han). mengunjungi prajurit TNI yang sedang bertugas di salah satu pulau terluar Indonesia, Pulau Ndana, ,Selasa (20/3).

Pulau yang termasuk wilayah Kabupaten Rote, Nusa Tenggara Timur, merupakan pulau paling selatan dari NKRI. Lokasinya berada disebelah selatan Pulau Rote dan berada di koordinat 10°58’56” LS dan 122°51’49” BT.

Dengan menggunakan helikopter, Dankormar tiba di Pulau Ndana dan langsung disambut oleh para prajurit yang sedang bertugas menjaga pulau terluar yang tidak berpenghuni ini. Dalam kunjungan ini Dankormar didampingi oleh Danrem 161 Wirasakti / Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Asops Dankormar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, Kadispen Kormar Letkol Marinir Ali Sumbogo, dan Koorsmin Kormar Letkol Mar Edi Prayitno.

Kunjungan orang nomor satu di jajaran Korps Baret Ungu di salah satu pulau terdepan Indonesia ini, dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kunjungannya ke pulau-pulau terluar yang dijaga dan diamankan prajurit Korps Marinir.

“Saya ingin melihat langsung kondisi prajurit yang sedang bertugas. Bagaimana kondisi medan penugasan mereka, kesiapan mereka, sekaligus memberi semangat kepada prajurit agar mereka dapat menjalankan tugas dengan baik dalam menjaga area perbatasan NKRI,” kata Dankormar.

Dankormar juga mengingatkan kepada seluruh prajurit yang sedang bertugas bahwa mereka adalah duta dari Indonesia untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI. “Kalian adalah duta Indonesia untuk menjaga wilayah perbatasan NKRI. Oleh karena itu laksanakan tugas dengan baik sesuai prosedur yang ada,” tambah Dankormar dalam arahannya kepada seluruh prajurit Satgas Pengamanan pulau terluar yang bertugas di pulau Ndana.

Setelah melihat dan meninjau langsung kondisi prajurit yang sedang bertugas, termasuk sarana dan prasarana pendukungnya, Dankormar berkesempatan memberikan bantuan tiga unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang merupakan bantuan Kementerian ESDM untuk mendukung operasional Satgas Pulau Terluar di pulau Ndana ini.

Lampu tenaga surya ini adalah lampu dengan sistem pencahayaan berupa lampu terintegrasi dengan baterai yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik. Dengan lampu ini maka diharapkan dapat mendukung penerangan pada malam hari serta kegiatan operasional  sehari-hari Satgas Pulau Terluar yang sebelumnya bergantung kepada genset listrik.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com