Published On: Sun, Mar 12th, 2017

Peduli Masyarakat, Acara Ngampoeng Fun Run 2017 Digelar Alumni STP

Logo Fun Run 2017

MNOL, Jakarta – Alumni Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta, salah satu pendidikan tinggi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menggelar kegiatan Ngampoeng Fun Run 2017 pada Hari Minggu, 12 Maret 2017, Pukul 05.00-12.00 WIB, di Kampus STP, Jl. AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Ketua STP Mochammad Heri Edy, menyampaikan, Ngampoeng Fun Run 2017 berupa kegiatan olahraga lari dengan rute di sekitar Kampus STP, senam bersama, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, fun game, story telling, bazaar, hiburan, parenting, edukasi oleh WWF, dan sebagainya. Bertindak sebagai pemegang bendera start adalah Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Endang Suhaedy, mewakili Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) M. Zulficar Mochtar, didampingi Ketua STP.

Heri menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Korps Alumni STP Angkatan 36, terbuka bagi seluruh alumni, taruna, pegawai, serta masyarakat umum, tanpa dipungut biaya. Ia mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan baik, secara intensif, dengan para alumni dan masyarakat sekitar, serta stakeholder/pihak terkait lainnya. Ia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas sinergi yang telah terbangun dengan berbagai pihak.

Menurut Heri, STP telah menghasilkan banyak alumni yang berhasil di bidang usaha  perikanan, sehingga mereka diharapkan dapat memberikan feed back agar proses pendidikan dan kurikulum STP relevan dengan dunia usaha dan industri perikanan.

“Peran alumni STP  kepada almamater terus menerus tetap diharapkan agar lulusan STP berkontribusi positif terhadap program prioritas KKP. Untuk dapat berkontribusi penguatan kurikulum STP sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi menjadi penting, di antaranya melalui beberapa kerja sama dengan  alumni, dengan memasukkan kompetensi sustainability, innovation, dan productivity, sebagai modal berusaha yang dapat diimplementasikan dalam mendukung percepatan Industri perikanan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Asep Sutiana mengatakan, tujuan kegiatan Ngampoeng Fun Run adalah untuk meningkatkan peran alumni, juga sebagai sarana alumni dan civitas akademika STP serta masyarakat sekitar untuk saling mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas antar alumni beserta keluarga, dan almamater serta membawa tradisi ini dalam skala yang lebih besar, bukan hanya bagi keluarga besar STP.

“Memiliki badan yang sehat dan bugar serta senantiasa siap untuk beraktivitas merupakan sebuah aset yang tak ternilai. Banyak cara bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satu cara termudah dan murah sekaligus fun, adalah Lari. Lari adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia,” ungkap Asep.

Asep menambahkan sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno. Olahraga lari secara teratur merupakan kunci untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari penyakit.

“Dan Ngampoeng adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh Taruna STP berupa lari bersama di wilayah sekitar,” ujarnya.

Kegiatan ini juga, lanjut Asep, diiniasi untuk mendekatkan para alumni, taruna, dan pegawai pada lingkungan sekitar serta membangun jiwa korsa. Rute ngampung cukup unik karena berada di sekitar Kampus STP, yang memiliki lingkungan yang masih asri, kontur wilayah yang beragam dan suasana yang bersahabat.

“Ngampoeng Fun Run diharapkan dapat membentuk fisik yang lebih sehat serta jiwa yang kuat, yang selanjutnya dapat memberikan dampak positif pada aktivitas sehari—hari di lingkungan tempat tinggal maupun kerja masing-masing,” pungkas Asep.

(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com