Published On: Thu, Apr 5th, 2018

Pelabuhan Sibolga yang Pertama, KPLP Gelar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran 2018

Sosialisasi keselamatan pelayaran 2018 di Sibolga

MN, Sibolga – Sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, sekaligus merupakan bentuk komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, khususnya Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) kembali menggelar kegiatan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, Kamis (5/4).

Acara Sosialisasi Keselamatan Pelayaran rencananya akan dilakukan pada 3 (tiga) lokasi di tahun 2018, yaitu di Sibolga, Bengkulu dan Teluk Bayur. Sebelumnya di tahun 2017, Sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan pembagian life jacket telah diselenggarakan di Aceh, Banjarmasin, dan Cilacap.

Direktorat KPLP melaksanakan pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan dan lingkungan maritim. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program strategis Kementerian Perhubungan, menuju Zero Accident,

“Transportasi laut, bagi kita yang tinggal di negara kepulauan adalah alat transportasi yang sangat vital dan dibutuhkan dalam menunjang terselenggaranya aktifitas pelayaran, untuk menghubungkan pulau yang satu ke pulau lainnya,” ujar Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut, Capt Jhonny R Silalahi.

Jhonny menambahkan, selain kapal-kapal berkapasitas besar yang digunakan untuk pelayaran niaga, kapal-kapal kecil atau pelayaran rakyat pun menjadi moda transportasi penting dan andalan masyarakat, khususnya untuk menghubungkan pulau-pulau kecil dan terpencil seperti di wilayah Sibolga.

“Kesempatan kali ini yang menjadi sasaran sosialisasi keselamatan pelayaran adalah masyarakat pengguna pelayaran rakyat dan nelayan. Ditjen Hubla berikan bantuan 300 unit life jacket dengan tujuan membangun kesadaran mereka akan pentingnya penggunaan alat keselamatan pelayaran di atas kapal,” tutur Jhonny.

Kasubdit Sarana Prasarana Direktorat KPLP

Kasubdit Sarana dan Prasarana Direktorat KPLP, Sri Rejeki, selaku ketua panitia penyelenggara menjelaskan, sosialisasi mengambil tema “Siap Siaga untuk Keselamatan Pelayaran” bertujuan mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat bahwa menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Mengingat sering terjadinya kecelakaan kapal pelayaran rakyat dan kapal nelayan, yang berimbas pada timbulnya korban jiwa dan kerugian harta benda. Bukan hanya kesadaran masyarakat pengguna jasa menggunakan alat keselamatan pelayaran, namun kesadaran pemilik kapal juga diharapkan dalam melengkapi kapalnya dengan alat keselamatan,” jelasnya.

Sri berharap sosialisasi keselamatan pelayaran yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pehubungan Laut dapat memberikan nilai positif untuk meningkatkan kesadaran dan menanamkan budaya pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran pada masyarakat pengguna jasa serta operator jasa transportasi pelayaran rakyat dan nelayan.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com