Published On: Mon, Jun 25th, 2018

Pelabuhan Tanjung Priok Keluar dari Daftar Hitam War Risk JWC

Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta

MN, Jakarta – Akhirnya pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dinyatakan sebagai pelabuhan yang aman oleh Joint War Committee (JWC). Dalam daftar yang dikeluarkan hari Kamis tanggal 14 Juni 2018, Tanjung Priok telah keluar dari daftar hitam pelabuhan beresiko perang (war risk) dan dinyatakan aman untuk kegiatan pelayaran dunia.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus Purnomo menjelaskan, dengan dikeluarkannya pelabuhan Tanjung Priok dari daftar pelabuhan yang beresiko tinggi di dunia akan menghapuskan beban premi tambahan bagi pengusaha pelayaran sehingga pelabuhan menjadi lebih kompetitif.

“Berkat kerja keras dan usaha kita semua akhirnya Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta bisa dihapuskan dalam rilis war risk JWC tersebut. Ini menunjukan adanya kepercayaan dunia pelayaran terutama dunia pelayaran internasional terhadap Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” kata Dirjen Hubla, Senin (25/8).

Agus Purnomo menjelaskan bahwa pihaknya sangat menyesali Pelabuhan Tanjung Priok dimasukan ke dalam rilis war risk sebelumnya karena selama ini tidak ada gangguan keamanan di pelabuhan Tanjung Priok yang terjadi dan menyita perhatian dunia khususnya pelaku usaha di bidang maritim.

“Kami melayangkan protes kepada JWC dengan menyampaikan data dan fakta bahwa Pelabuhan Tanjung Priok itu aman dan akhirnya protes kami membuahkan hasil sehingga Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dihapus dari rilis war risknya JWC,” pungkasnya.

Joint War Committee adalah sebuah lembaga non government di London terdiri dari wakil-wakil Lloyds of London Market dan International Underwriting Association (IUA) yang sebelumnya memasukan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke dalam daftar pelabuhan beresiko perang yang dirilis pada September 2017.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com