Published On: Tue, Dec 20th, 2016

Pelindo III Datangkan 3 Unit STS Crane Untuk Terminal Teluk Lamong

Satu darisepuluh unit Ship to  Shore (STS) Crane untuk mempercepat proses pelayanan bongkar muat di Pelabuhan TEluk Lamong.

Satu dari sepuluh unit Ship to Shore (STS) Crane untuk mempercepat proses pelayanan bongkar muat di Pelabuhan TEluk Lamong.

MNOL-Surabaya, – PT Terminal Teluk Lamong kini dilengkapi dengan sepuluh unit Ship to Shore (STS) Crane untuk mempercepat proses pelayanan bongkar muat. Menggunakan Kapal Chung Yang berbendera Korea, tiga unit STS Crane Internasional tiba di dermaga Terminal Teluk Lamong pada hari Senin (19/12).

Meningkatnya minat pengguna jasa menggunakan layanan bongkar/muat di Terminal Teluk Lamong membuat Pelindo III terus melengkapi terminal ramah lingkungan tersebut dengan fasilitas dan peralatan baru bertaraf internasional.

Spesifikasi STS Crane Internasional memiliki boom sepanjang 30 – 40 meter sehingga dapat digunakan untuk melayani kapal jenis Panamax dan mampu mengangkat beban hingga 60 ton dengan sistem twin lift (mampu mengangkat petikemas 2 x 20 feet secara bersamaan). STS Crane tersebut menggunakan sumber daya listrik sehingga mendukung kebijakangreen port di Terminal Teluk Lamong. Kemampuan jangkauan STS Crane Internasional adalah 14 row atau setara dengan 35 meter. Alat yang dibuat pada tahun 2014 tersebut diproduksi oleh Konecranes, salah satu perusahaan alat berat asal Finlandia.

Dermaga PT Terminal Teluk Lamong dilengkapi dengan lima unit STS Crane Domestik, lima unit STS Crane Internasional dan dua unit Grab Ship Unloader (GSU). Panjang dermaga petikemas Terminal Teluk Lamong adalah 500 meter dan lebar 80 meter. Kapal – kapal berukuran besar dapat sandar di dermaga Terminal Teluk Lamong karena kedalaman laut mencapai – 14 LWS (dermaga domestik) dan – 16 LWS (dermaga internasional).

Selain petikemas, pelayanan curah kering bermuatan food and feed grain dilakukan di Terminal Teluk Lamong. Dermaga curah kering sepanjang 250 meter dilengkapi dengan dua unit GSU berkapasitas 2000 ton/jam disiapkan untuk melayani pasar curah. Conveyor dan gudang penumpukan (cillo) seluas 10 Ha akan siap digunakan pada pertengahan tahun 2017.

Pelindo III memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa kepelabuhanan dengan membangun Terminal Teluk Lamong sebagai terminal ramah lingkungan bertaraf internasional. Kecepatan dan ketepatan pelayanan disajikan melalui fasilitas dan peralatan serba canggih dan baru. Percepatan arus logistik nasional akan ditingkatkan melalui pelayanan dan fasilitas yang baik hasil inovasi Pelindo III.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com