Published On: Fri, Dec 29th, 2017

Pelindo III Terpilih Sebagai BUMN Paling Informatif

Finance Director Pelindo III, U.Saefudin Noer Menerima Penghargaan Trusted Company

Finance Director Pelindo III, U.Saefudin Noer Menerima Penghargaan Trusted Company

MN, Surabaya – Pelindo III kembali terpilih menjadi salah satu dari sepuluh BUMN paling informatif oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) pada acara penganugerahan keterbukaan informasi tahun 2017 bagi badan publik di Indonesia.  Ketua Komisi Infomasi Pusat Tulus Subardjono memberikan penghargaan bergengsi tersebut langsung kepada para pemenang di hadapan Wakil President Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden, Jakarta (21/12).

CEO Pelindo III IG.N. Askhara Danadiputra atau Ari Askhara menyebut jika tahun ini BUMN yang dipimpinnya berada di peringkat VI. “Ini menunjukan Pelindo III berkomitmen terhadap keterbukaan informasi publik,” tutur Ari Askhara.

Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan hasil dari upaya dan kerja keras bersama. “Saya sangat berterima kasih kepada tim Keterbukaan Informasi Publik di Pelindo III sehingga Pelindo III bisa berprestasi, jangan berpuas diri atas prestasi yang diraih saat ini, pertahankan bahkan tingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu Human Capital and General Affair Pelindo III, Toto Heliyanto saat menerima penganugerahan tersebut mengatakan cukup bangga bahwa “Kami nomor VI keterbukaan informasi kategori BUMN. Artinya meskipun ada yang harus kami tingkatkan namun setidaknya peringkat tersebut sudah cukup baik

Lebih lanjut Toto menambahkan jika Pelindo III berusaha selalu tunduk terhadap aturan yang ditetapkan pemerintah. Bagi Pelindo III, melaksanakan perintah Undang-undang menjadi suatu kewajiban melihat statusnya yang merupakan perusahaan milik negara.

“Keterbukaan informasi merupakan bagian dari komitmen perusahaan terkait dengan good corporate governance (GCG) dan kami merupakan BUMN yang taat pada aturan,” tegasnya.

Kami menetapkan standar teknis layanan informasi publik ini untuk melihat ketaatan badan publik dalam menjalankan amanah Undang-undang nomor 14 tahun 2008. Hal ini tidak lain dan tidak bukan agar menjamin setiap warga negara mendapat hak asasinya untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya.,” kata Tulus Subardjono saat memberikan sambutannya

Pada tahun ini, Komisi Informasi Pusat memberikan pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik terhadap 400 badan publik dengan 7 kategori yakni Kementerian, Pemerintah Provinsi, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, BUMN, Partai Politik, dan Perguruan Tinggi Negeri.

Pelindo III juga menerima predikat “trusted company” atau perusahaan terpercaya di Indonesia dari “The Indonesian Institute for Corporate Governance” (IICG) yang bekerja sama dengan Majalah SWA. Penganugerahan tersebut merupakan wujud apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan.

Finance Director Pelindo III. U. Saefudin Noer saat menerima penghargaan mengatakan predikat ini diberikan atas penerapan tata kelola perusahaan yang baik dalam perspektif penciptaan nilai di perusahaan. “Atas penilaian dan proses audit tersebut, Pelindo III layak dianugerahi  gelar trusted company,” imbuhnya.

Saefudin, lebih lanjut, menjelaskan pencapaian ini menunjukan bahwa Pelindo III memiliki komitmen yang tinggi dalam menerapkan GCG di dalam perusahaan. “GCG bertujuan untuk pengendalian internal sekaligus sebagai sarana untuk mencegah perusahaan dari penyimpangan yang dapat mengakibatkan kegagalan pencapaian tujuan perusahaan,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com