Published On: Wed, Nov 8th, 2017

Penerapan E-System di BICT memudahkan Pelayanan bagi Shipping Line dan EMKL

Pelindo 1 telah terapkan e-system di BICT dan TPKDB

MN, Medan – Belawan International Container Terminal (BICT) anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia I menjadi terminal petikemas internasional satu-satunya di Sumatera Utara yang menerapkan e-system pelayanan receiving dan delivery.

Adapun pelayanan delivery online telah dilaksanakan sejak 1 November 2016 dan pelayanan receiving online sejak 1 Maret 2017, yang meliputi penggunaan booking online (ekspor) dan Delivery Order/DO online (impor).

Menurut ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, penerapan sistem receiving dan delivery online merupakan solusi yang memudahkan para pengguna jasa dalam melakukan permohonan dokumen pelayanan receiving dan delivery tanpa harus datang ke kantor BICT melakukan permintaan pelayanan ekspor atau impor.

“Sebelum penerapan receiving dan delivery online, pengguna jasa mengajukan permohonan pelayanan receiving dan delivery ke front office BICT membawa dokumen permohonan ekspor untuk receiving dan dokumen Delivery Order, Bill of Lading, Surat Kuasa, dan Surat Perintah Pengiriman Barang (SPPB) untuk delivery,” jelasnya.

Namun sekarang pengguna jasa hanya mengakses website ibs.pelindo1.co.id, langsung proses permohonan receiving dan delivery, mencetak invoice, receiving card, dan Surat Pengeluaran Petikemas (SP2) tanpa harus melampirkan dokumen apapun. Karena data booking dan DO telah dikirim secara online oleh pelayaran atau container operator. Begitupun dokumen SPPB, diterima secara online dari TPS online Bea Cukai.

Keuntungan bagi shipping lines dan EMKL/pengguna jasa, antara lain efisiensi waktu karena bisa memangkas waktu dalam proses permintaan kegiatan receiving dan delivery serta mengurangi lamanya antrean loket, efisiensi biaya, proses pengajuan oleh EMKL dilakukan secara mandiri, kemanan bertransaksi, serta mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Penerapan sistem receiving dan delivery online merupakan sistem yang juga akan mendukung Integrated Billing System (IBS) yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN, dimana proses pembayaran dalam semua jasa kepelabuhanan secara terpusat dan terpadu melalui satu pintu atau single window

“Selain BICT, Terminal Petikemas Domestik Belawan (TPKDB) juga telah menerapkan e-system atau digitaiisasi operasional dalam rangka memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa kepelabuhanan,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Jurnalis Maritimnews.com

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha