Published On: Sat, Feb 10th, 2018

Pengamat: Sinergi TNI dan Polri dalam Memberantas Narkoba sangat Diperlukan

Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas NH Kertopati

MN, Jakarta – Terkait penangkapan MV Sunrise Glory yang membawa narkoba jenis sabu sebanyak 1 ton di Selat Philips, perbatasan RI-Singapura oleh unsur KRI Koarmabar, Rabu (7/2) lalu, membuat matra bermotto Jalesvevea Jayamahe ini banyak mendapat apresiasi dari khalayak.

Termasuk salah satunya dari pengamat militer dan intelijen Susaningtyas NH Kertopati di Jakarta. Melalui pesan singkatnya, pengamat yang aktif mengajar di beberapa Perguruan Tinggi ini mengungkapkan apresiasinya kepada jajaran armada TNI AL dan stakeholder lainnya.

“Ini menunjukkan semakin kuatnya sinergi antar aparat keamanan. Komitmen antara pimpinan TNI dan Polri untuk memberantas peredaran Narkoba semakin intens sesuai instruksi presiden yang menyatakan Indonesia Darurat Narkoba,” terang Nuning biasa akrab disapa di Jakarta, (10/2).

Menurutnya, kewenangan TNI AL untuk menangkap para pelaku tindak pidana di laut sesuai dengan Hukum Internasional dan Hukum Nasional yang berlaku.

“Overlaping kewenangan antara TNI AL dan aparat keamanan lainnya, termasuk dengan Polri harus dilihat sebagai bentuk integrasi dan bukannya rebutan untuk menonjolkan diri. Kesadaran untuk berintegrasi antar aparat keamanan di Indonesia adalah kunci sukses pemerintah Indonesia menyelamatkan generasi muda Indonesia,” bebernya.

Tak hanya itu, mantan Anggota Komisi I DPR RI ini menyatakan BNN sebagai penjuru perlu lebih memberdayakan semua instansi hukum di Indonesia untuk memberantas peredaran Narkoba.

“Di seluruh dunia juga tampak bagaimana pihak kepolisian sebagai leading sector harus mampu merangkul dan mengoptimalkan seluruh kewenangan hukum yang dimiliki semua institusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” terangnya lagi.

Masih kata dia, BNN juga dapat lebih terbuka dan akomodatif untuk menerima prajurit TNI sebagai organik di dalam struktur organisasinya. Sehingga sinergi betul-betul kuat.

“BNN seperti halnya Bakamla dapat diawaki oleh TNI, Polri, Jaksa dan aparat lainnya,” tandas Nuning.

Terutama dalam memberantas narkoba untuk menyelamatkan generasi bangsa, sinergi TNI dan Polri sangat diperlukan.

“Sinergi TNI dan Polri dalam memberantas Narkoba harus bisa menjadi faktor penggentar pelaku tindak pidana Narkoba sehingga mereka takut sekaligus menjadi model yang patut dicontoh negara lain,” pungkasnya.

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com