Published On: Mon, Nov 27th, 2017

Perhatian khusus Pemerintah untuk Konektivitas Antar Pulau Daerah Terpencil

Peluncuran kapal kontainer Tol Laut 100 TEUs di Galangan Mariana Bahagia

MN, Palembang – Keterhubungan antar pulau dalam upaya meningkatkan konektivitas dan mempercepat pembangunan daerah di pulau-pulau terpencil, menjadi perhatian khusus Pemerintah. Untuk itu Kementerian Perhubungan berkomitmen terus membangun dan menyiapkan sarana dan prasarana di sektor transportasi laut.

“Pembangunan kapal yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dalam rangka mewujudkan tol laut, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dan menjamin konektivitas antar pulau di daerah terpencil,” kata Kasubdit Pengembangan Usaha Angkutan Laut Ditlala, M. Syaiful usai peluncuran kapal kontainer 100 TEUs di Galangan Mariana Bahagia, Palembang, Kamis (23/11).

Syaiful menambahkan, bahwa dengan bertambahnya kapal kontainer pesanan Kementerian Perhubungan yang ke 15 di Mariana Bahagia, diharapkan keberadaan barang di suatu wilayah terluar Indonesia menjadi lebih pasti. Sekaligus menjamin tumbuhnya pusat-pusat perdagangan dan industri serta pertumbuhan ekonomi di daerah terpencil.

Kepastian kedatangan kapal dengan barang tentunya akan menjamin stabilitas harga barang di wilayah terluar sehingga mengurangi kesenjangan atau disparitas harga yang selama ini masih terjadi khususnya di wilayah Timur Indonesia.

“Jika program pembangunan kapal kontainer berjalan sesuai harapan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung program tol laut pada rute yang tingkat keterisian kontainer diatas rata-rata. Setelah kapal kontainer meraih laba maka secara perlahan subsidi akan dikurangi,” ujarnya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan berkomitmen terus membangun kapal dan pelabuhan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, guna mendukung pelaksanaan program tol laut serta meningkatkan pertumbuhan perekonomian di suatu wilayah sehingga menjadi lebih berkembang dan mandiri.

(Bayu/MN)

About the Author

-

Jurnalis Maritimnews.com

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha