Published On: Fri, Apr 21st, 2017

Peringatan Hari Kartini, Menteri Susi, ‘Icon’ Wanita Maritim Indonesia masa kini

Menteri Susi Pudjiastuti

MNOL, Jakarta – Kehadiran tokoh Raden Ajeng Kartini telah menginspirasi wanita Indonesia. Melalui pemikirannya yang dituangkan dalam tulisan, Kartini telah membuka perspektif baru bahwa wanita pun memiliki kesempatan yang sama dalam meraih pendidikan, berkarier dan menggapai cita-cita setinggi mungkin.

 
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, salah satu wanita yang menginspirasinya selama ini adalah Kartini.

“Tentang Kartini, kalau baca surat-suratnya itu, terlihat bagaimana kecerdasannya. Apa yang dia bicarakan, pemikiran yang jauh sangat perspektif dan variatif. Tapi dia juga tidak menghilangkan budaya dan kearifan lokal yang ada,” kata Menteri Susi dalam sebuah temu wicara di Jakarta, Kamis (20/4).

Menteri Susi pun memiliki prinsipnya sendiri untuk bisa sukses menjadi Kartini masa kini. Kuncinya adalah, tidak perlu ragu dengan kemampuan diri sendiri.

“Saya tidak pernah membedakan diri saya dengan para pria. Dengan merasa setara maka saya yakin bisa melakukan juga apa yang pria lakukan,” lanjutnya.

Menteri Susi menilai, peran wanita yang inspiratif saat ini sangat dibutuhkan. “Peran wanita saat ini tentunya sangat dibutuhkan. Kalau tidak di depan sebagai planner, atau sebagai organizer,” tuturnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya wanita Indonesia untuk tidak mempermasalahkan gender dan harus berkreasi semaksimal mungkin.

“Stop mempermasalahkan gender. Kerja, bergerak, berkarir, berprestasi tanpa berpikir! Oh saya perempuan, oh saya tidak boleh ini.. oh saya tidak boleh itu.., oh saya harus diistimewakan. Jangan berpikir gender itu persoalan yang harus diatasi,” pungkasnya.

Saat ini wanita asal Pangandaran itu menjadi salah satu wanita terpopuler di Indonesia. Karena ketegasan dan gayanya yang ‘nyentrik’, Susi bukan saja dikenal di dalam negeri melainkan di seluruh penjuru dunia. Para pelaku illegal fishing dari negeri tetangga dibuatnya pusing tujuh keliling.

Menteri Susi bisa dibilang sebagai icon poros maritim dunia dari pemerintahan Jokowi-JK. Jika berbicara laut Indonesia maka tidak lepas dari penyebutan namanya. Wanita yang memiliki background sebagai pengusaha perikanan itu memiliki andil yang luar biasa dalam memajukan dunia maritime Indonesia khususnya dari sector kelautan.

(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com