Published On: Tue, Jul 25th, 2017

Peringati HUT ke-56, Kolinlamil selenggarakan Sarasehan Angkutan Nasional

Pangkolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP. memberikan penghargaan kepada salah satu pembicara Dra. Jaleswari Pramodhawardhani, M.Hum. dalam sarasehan yang diselenggarakan Kolinlamil di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pangkolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP. memberikan penghargaan kepada salah satu pembicara Dra. Jaleswari Pramodhawardhani, M.Hum. dalam sarasehan yang diselenggarakan Kolinlamil di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

MN, Jakarta – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan sarasehan dengan para stakeholder kemaritiman nasional di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (25/7).

Acara yang diinisiasi oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP. tersebut, diselenggarakan masih dalam lingkup rangkaian peringatan HUT ke-56 Kolinlamil dan mengangkat tema “Peran Kolinlamil dalam membina potensi angkutan laut nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara di laut dalam rangka mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia”.

Sesuai Perpres nomor 10/2010 tanggal 28 Januari 2010, Kolinlamil memiliki tugas pokok sebagai penyelenggara operasi angkutan laut TNI dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta bantuan angkutan laut sesuai kebijakan Panglima TNI.

Selain itu, Kolinlamil juga bertugas sebagai Pembina tunggal angkutan laut TNI, membina kemampuan sistem angkutan laut militer dan membina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara di laut. Beberapa hal itulah yang menjadi pokok bahasan dalam acara sarasehan tersebut.

Tujuan dari sarasehan ini dapat mengeksplorasi gagasan-gagasan yang bersifat konstruktif akan pentingnya Angkutan Laut Nasional dalam mendukung OMSP TNI.

Beberapa narasumber yang hadir dalam acara ini antara lain Sesditjen Pothan Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Sunaryo, S.E. , pengamat militer dan kemaritiman yang juga Deputi V Staf Kepresidenan Bidang Polkam dan Ham, Dra. Jaleswari Pramodhawardhani, M.Hum., Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Brigjen TNI (Mar) Gatot Triswanto, serta Captain Supriyanto yang mewakili Indonesian National Shipowners Association (INSA).

Brigjen TNI Sunaryo, S.E. menyampaikan materi tentang penyelenggaraan sistem pertahanan negara dalam mendukung poros maritim dunia, sedangkan Dra. Jaleswari Pramodhawardhani, M.Hum. mengambil bahasan dari makalahnya sendiri mengenai kebijakan pemerintah tentang sistem pertahanan rakyat semesta terkait dengan penyelenggaraan angkutan laut nasional dari aspek politik, hukum, keamanan, dan HAM dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Dalam makalah tersebut, sejalan dengan kebijakan pemerintah, Jaleswari menggarisbawahi bahwa Kolinlamil dalam hal angkutan laut militer memiliki peran konkret dalam membantu pemerintah di daerah/pulau-pulau terpencil, terluar, dan tertinggal yang sejalan dengan kebijakan pemerintah yakni pencanangan konsep tol laut.

“Kolinlamil memiliki peran yang besar dan konkrit dalam mendukung program pemerintah saat ini yaitu tol laut,” ujar Anggota Dewan Pakar Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) ini.

Sementara itu Pangkolinlamil menuturkan pihaknya sengaja mengundang salah seorang pakar kemaritiman yang juga pernah menjadi pengamat militer untuk memberikan pencerahan, masukan, dan berdiskusi tentang lima pilar poros matirim yang telah ditetapkan pemerintah Republik Indonesia saat ini, di mana salah satu pilarnya adalah pertahanan maritim terkait dengan tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina angkutan laut militer nasional untuk konektivitas nusantara dan budaya maritim.

Captain Supriyanto dari Indonesian National Shipowners Association (INSA) menyampaikan materinya tentang peran pelayaran nasional dalam mendukung pertahanan dan keamanan negara di laut.

Turut hadir dalam sarasehan tersebut Kaskolinlamil Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M., para pejabat dari Sopsal, Srenal, Dispotmar Mabesal, Pushidrosal dan Dispotmar Lantama III.

(Anugrah/MN)

About the Author

-

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>