Published On: Thu, Jun 8th, 2017

Peringati World Oceans Day 2017, ISLA Unhas Buka Bersama dengan Warga Pesisir Jakarta di Museum Bahari

 

Suasana Buka Bersama warga pesisir dan ISLA Unhas di Museum Bahari

MN, Jakarta – Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (ISLA UNHAS) memperingati World Oceans Day yang jatuh pada hari ini 8 Juni 2017 dengan mengadakan silaturahmi bersama warga pesisir Jakarta.

Bertempat di Museum Bahari Jakarta, Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara, ISLA Unhas berbaur dengan warga sekaligus berbuka puasa bersama serta berbagi berkah kepada warga di sekitar lokasi kegiatan.

Dengan mengangkat tema “Laut; Media Sejarah Peradaban”, ISLA Unhas melalui Ketua Umumnya, Darwis Ismail ST,MMA menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperkuat komitmen dan kebersamaan dalam menjadikan laut sebagai media sejarah peradaban bangsa Indonesia serta berbagi dan sambung rasa kepada warga pesisir.

“Kami sebagai Alumni Kelautan merasa perlu untuk menyampaikan hal ini, bahwa laut seharusnya sudah menjadi instrumen utama pembangunan negara ini dengan mengedepankan prinsip ekonomi berkelanjutan agar potensi besar ini dapat termanfaatkan dengan bijak,” kata Darwis Ismail di sela-sela kegiatan tersebut.

Sejalan dengan itu, Hari Laut Sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 Juni, diajukan pertama kali pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil dan disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008. Hari peringatan ini bertujuan untuk menghargai lautan di dunia dengan merayakan manfaat yang disediakan oleh laut, seperti makanan laut, kehidupan laut, jalur pelayaran untuk perdagangan internasional, serta media sejarah peradaban.

Selain itu, peringatan Hari Laut Sedunia mengajak kita untuk peduli keberlanjutan laut dan juga melakukan aksi real untuk menjaga kelangsungan sumberdaya kelautan serta mengawal warga pesisir yang mendapat perlakuan ketidakadilan seperti penggusuran warga khususnya warga yang berada di wilayah pesisir.

“Alumni Kelautan Unhas senantiasa hadir dalam bentuk pikiran ,gagasan, dan aksi sosial guna mengayomi warga  pesisir Nusantara,” pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh BRSDM KKP Zulficar Mochtar yang memberikan sambutan dalam forum tersebut. Sejauh ini pihaknya terus berkomitmen untuk memajukan masyarakat pesisir melalui berbagai program.

“Museum Bahari ini sebagai tempat beraktivitas masyarakat pesisir Jakarta, tempat ini juga jadi simbol sejarah bahari Jakarta. Saya sangat mendukung sekali kontribusi Alumni Kelautan Unhas dalam mengembangkan masyarakat pesisir,” kata Zulficar.

Pria asal Sulsel itu pun menyatakan membangun kemaritiman Indonesia bisa dimulai dari hal yang kecil seperti dalam acara silaturahmi ini.” KKP pun akan senantiasa men-support setiap elemen bangsa ini ingin berjuang untuk memajukan kemaritiman Indonesia khususnya masyarakat pesisir,” tandasnya.

Event ini juga dihadiri oleh Ketua bidang Maritim dan Agraria PB HMI Mahyuddin Rumata. Di sela-sela acara itu, Yudi biasa akrab disapa mengungkapkan masukanya kepada ISLA Unhas agar terus mendorong program pemberdayaan nelayan di pesisir Jakarta.

“PB HMI akan berjuang bersama ISLA Unhas dalam membangun masyarakat pesisir yang dimulai dari Jakarta,” terang Yudi.

Hal itu pun mendapat respons yang positif dari ISLA Unhas, yang menganggap bahwa HMI merupakan organisasi kepemudaan yang besar dan secara sejarah telah terbukti dalam memperjuangkan kemaslahatan bangsa Indonesia.

“Ke depan akan dirampungkan konsep pemberdayaan masyarakat pesisir oleh ISLA Unhas bersama PB HMI,” ujar Dewan Pembina ISLA Unhas, Awaludin saat menutup acara diskusi.

 

(Adit/MN)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com