Published On: Sun, Jul 22nd, 2018

Perkuat Konektivitas, MARIN Nusantara Usulkan Sinergi Antar Kementerian

Direktur Maritime Research Institute, Makbul Muhammad

MN, Jakarta – Dalam rangka memperkuat konektivitas melalui program tol laut, Maritim Research Institute (MARIN Nusantara) menerbitkan rancangan usulan kerja sama antara Kementerian Perhubungan dengan Kementerian Desa .

Pembangunan desa memegang peranan penting karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional. Dalam struktur pemerintahan nasional, desa memang menempati posisi terbawah, akan tetapi menjadi yang terdepan mengingat keberadaannya di tengah-tengah masyarakat. Maka sudah selayaknya apapun bentuk program yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat harus selalu bermuara pada kemajuan desa.

Desa yang selama ini jauh dari hingar bingar aktifitas usaha ekonomi dikarenakan jauh dari pusat ekonomi yang berada di kota, menyebabkan masyarakat desa harus membeli kebutuhan pokok jauh lebih mahal karena besarnya biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Begitu pula dengan aktifitas penjualan hasil-hasil komoditas desa biasanya dibeli lebih murah, karena tidak memiliki akses langsung ke pasar.

Direktur Eksekutif MARIN Nusantara Makbul Muhammad memaparkan bahwa kehadiran Bumdes diharapkan mampu menopang kegiatan usaha masyarakat desa, mulai dari menyediakan kebutuhan barang pokok dan barang penting serta menjadi penghubung untuk memasarkan hasil-hasil komoditas masyarakat desa kepada industri.

“Tol laut sebagai perwujudan negara dilaut juga memiliki tujuan membangun Indonesia dari pinggiran untuk memperkuat ekonomi di daerah dan desa dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk implementasi nawacita presiden Jokowi, sehingga seharsnya tol laut juga menjadi media untuk mendistribusikan/memastikan ketersediaan kebutuhan barang pokok dan barang penting sampai ke desa agar dapat mengurai ketimpangan disparitas harga antar Pulau di indonesia,” ujarnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com