Published On: Thu, Feb 8th, 2018

Pertamina Bantu Sarana Air Bersih untuk Masyarakat sekitar Pantai Air Manis

Menteri Rini (kanan) memberi bantuan CSR kepada masyarakat Sumbar lewat Sinergi BUMN

MN, Padang –  PT Pertamina (Persero) menyerahkan beberapa bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) secara simbolis berupa Komitmen Bantuan Sarana Air Bersih untuk masyarakat di sekitar Pantai Air Manis, Sumatera Barat serta bantuan pelatihan produk daur ulang untuk para wartawan.

Pantai Air Manis merupakan salah satu tujuan wisata di Kota Padang. Namun disayangkan kondisi masyarakat di sana masih mengalami kendala untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Selain itu, pantai yang dikenal juga sebagai Pantai Malin Kundang ini memiliki lokasi sumber air yang cukup jauh sehingga masyarakat sekitar harus mendaki bukit terlebih dahulu untuk mendapatkan air bersih. Ditambah lagi sarana sanitasi di sana masih belum cukup tersedia.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, Pertamina berkomitmen untuk memberikan bantuan.

“Melalui program CSR, kami akan membantu untuk menyediakan sarana penampungan air bersih beserta jaringan pipanisasi distribusinya,” jelas Nicke Widyawati, Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina.

Nicke menambahkan bahwa dengan adanya sarana bak penampungan berkapasitas 10.000 liter diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi 250 kepala keluarga. Sedangkan untuk mengurangi kendala akses air bersih, akan didukung dengan pipanisasi yang mengarah ke 4 titik distribusi masing-masing 5 buah keran.

Selain penyediaan sarana air bersih, Pertamina akan mengupayakan pembangunan sarana MCK untuk meningkatkan kesadaran sanitasi bagi masyarakat.

Masyarakat di pantai Air Manis yang 90% berprofesi sebagai nelayan diharapkan dapat merasakan manfaat dari bantuan tersebut. Dengan adanya fasilitas air bersih dan sanitasi ke depannya diharapkan memberikan dampak peningkatan kesehatan bagi masyarakat pantai Air Manis.

Pantai Air Manis

Bantuan lain yang diberikan adalah Pelatihan Produk Daur Ulang yang ditujukan khusus bagi kalangan wartawan untuk menambah keterampilan agar dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha. Target peserta dari pelatihan ini sebanyak 100 orang wartawan terdiri dari berbagai media.

Di provinsi Sumatera Barat sendiri, sepanjang tahun 2017 Pertamina telah berhasil merealisasikan bantuan CSR yang terdiri dari berbagai program seperti 6 kegiatan peningkatan kualitas pendidik, 23 kegiatan peningkatan sarana sekolah, penanaman 16.000 bibit pohon, 2 lokasi pelestarian terumbu karang, 1 penangkaran penyu di Pariaman, 580 mitra binaan UKM, 4 lokasi Kawasan Ekonomi Masyarakat, 5 Pelatihan Pemberdayaan, 25 rumah ibadah, 2 unit Ambulance serta bantuan lainnya utk sosial kemasyarakatan.

Penyerahan bantuan sarana air bersih pantai Air Manis dan Pelatihan Produk Daur Ulang untuk wartawan dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan Menteri BUMN, Rini Soemarno dalam rangka Hari Pers Nasional 2018 yg bertemakan Sinergi BUMN dalam mendukung Sumatera Barat sebagai destinasi wisata yang berlokasi di Pantai Muaro Lasak, Padang.

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com