Published On: Wed, Aug 30th, 2017

Pertemuan 1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum Dihadiri 15 Negara

Pertemuan pandu Asia Pacific di Denpasar Bali

MN, Denpasar – Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) menggelar acara The 1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum yang diadakan pada tanggal 28 – 30 Agustus di Dinasty Resort Hotel, Denpasar Bali.

Acara dihadiri oleh delegasi dari 15 negara yaitu Jepang, Australia, New Zealand, Singapore, Malaysia, China Shanghai, Taiwan, Hongkong, Philipine, Vietnam, Papua New Guinea dan Indonesia yang tergabung dalam International Maritime Pilots’ Association (IMPA).

Tujuan forum tersebut adalah melanjutkan pertemuan rutin IMPA ke-23 di Seoul Korea Selatan, yang mengamanatkan agar dibentuk forum komunikasi pandu se Asia Pasific sebagaimana region lain yang telah terbentuk seperti region Africa, Eropa dan Amerika.

Capt Agoes Soeryanto selaku Public Relation acara the 1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum menjelaskan, bahwa dengan pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pandu Indonesia dari sisi soft skill dan teknis, serta peningkatan pelayanan sebagaimana pengelolaan pemanduan di negara Asia yang telah maju.

The 1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum mengadakan diskusi secara marathon yang melibatkan beberapa penyelenggara pemanduan di Indonesia yakni Pelindo I, II, III dan Pertamina untuk menjelaskan peranan dan kontribusi para Pilot maritime terhadap kelancaran pelayanan kapal di Indonesia.

INAMPA berharap agar pertemuan tersebut akan bermanfaat bagi peningkatan pelayanan di pelabuhan dan peningkatan kapasitas pandu dari sisi soft Skill dan teknis, serta mengetahui perkembangan technology dibidang maritime serta regulasi internasional terkait.

“Para delegasi juga melakukan pertukaran cindera mata dari masing-masing negara untuk lebih mendekatkan hubungan emosional Pilot maritim se Asia pacific,” jelasnya kepada Maritimnews, Rabu (30/8).

Dihari terakhir pertemuan, seluruh perwakilan memberikan tanggapan dan harapan terkait hasil diskusi selama 3 hari. Intinya 1st Asia Pacific Maritime Pilot Forum akan dijadikan masukan bagi negara peserta untuk meningkatkan kapasitas pandu, dan akhirnya acara ditutup dengan penandatangan bersama The Bali Declaration.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com