Published On: Wed, Dec 20th, 2017

PMLI dan CorpU, dua Entitas Berbeda

Amri Yusuf

MN, Ciawi – PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) dan Corporate University (CorpU) merupakan dua entitas yang berbeda. Hal itu ditegaskan oleh Amri Yusuf, Direktur Utama PT PMLI selaku anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II/IPC.

Menurut Amri saat pemaparan pada acara Orientasi Wartawan Forwami (Forum Wartawan Maritim Indonesia) 2017 di CorpU Ciawi, Rabu (20/12), PMLI adalah entitas bisnis yang fokus kegiatannya terkait dengan program-program pembelajaran, training dan konsultasi.

Sedangkan CorpU, menjadi instrumen strategis yang dimiliki oleh sebuah entitas bisnis untuk mendesain program-program pembelajaran terkait dengan kebutuhan bisnis dan karyawan.

“Terdapat anggapan bahwa infrastruktur di Ciawi adalah identik dengan corpU, dan selanjutnya PMLI yang berkedudukan di Ciawi dianggap sebagai corpU. Padahal keduanya merupakan entitas berbeda,” jelasnya.

Secara best practice, ownership corpU berada di induk perusahaan, dalam hal ini Kantor Pusat IPC dengan Jajaran Direksi IPC sebagai pimpinan CorpU. Desain Program pembelajarannya wajib mengikuti dinamika bisnis IPC secara berkelanjutan.

Kedepan, lanjut Amri, bisnis model yang baru PMLI akan berperan sebagai penyelenggara program-program pendidikan baik internal maupun eksternal dan corpU akan menjadi pusat pembelajaran untuk internal perusahaan.

“PMLI sudah mengusulkan agar dilakukan transformasi di IPC untuk membentuk sebuah Divisi CorpU yang dijalankan dengan format, governance dan prinsip corpU sesuai best practice,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Jurnalis Maritimnews.com

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha