Published On: Sat, Nov 11th, 2017

Pushidrosal Hibahkan Alat Survei ke Kodiklatal

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro secara simbolis menyerahkan peralatan survei kepada Dankodiklatal Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahadi.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro secara simbolis menyerahkan peralatan survei kepada Dankodiklatal Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahadi.

MN, Jakarta – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menghibahkan beberapa alat survei hidro-oseanografi ke Pusat Pendidikan Hidro-oseanografi Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal).

Peralatan survei yang dihibahkan tersebut adalah berupa alat ukur optik jenis Theodolite T2 berjumlah lima buah dan Theodolite T0 berjumlah dua buah. Theodolite adalah salah satu alat yang biasa dipergunakan dalam kegiatan survei hidro-oseanografi.

Alat ini berfungsi sebagai alat ukur kontrol horizontal geodetik dan alat ukur tanah untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar ataupun sudut tegak, yang dalam aplikasi oseanografi digunakan untuk pengamatan pasang surut.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, menyerahkan peralatan survei tersebut kepada Dankodiklatal Laksamana Muda TNI IG Putu Wijamahadi bertempat di Pusdikhidros, Ancol Timur, Jakarta Utara, Selasa (7/11). Turut hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat utama Pushidrosal dan Kodiklatal.

Kapushidrosal dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa pendidikan TNI AL dilaksanakan adalah untuk menjawab tantangan global yang semakin kompleks dan dinamis, salah satunya adalah Pusdikhidros yang mempelajari  hidrografi, dengan harapan siswa yang sudah lulus dari pusdikhidros akan mampu  menjawab tantangan tersebut sekaligus untuk memenuhi kebutuhan organisasi sebagai pengawak dalam bidang hidrografi.

Ditambahkannya, bahwa siswa di Pusdikhidros tidak boleh hanya mengandalkan peralatan survei yang canggih saja, para siswa di Pusdikhidros juga harus tetap belajar menggunakan peralatan survei konvensional, karena pada prakteknya, ketika pada pelaksanaan survei di lapangan,  alat yang modern tersebut mengalami kendala  atau trouble, maka para surveyor tetap harus mampu mendapatkan data dengan peralatan konvensional yang tidak kalah akurasinya.

Oleh karena itu, Pushidrosal menghibahkan peralatan survei kepada Kodiklatal/Pusdikhidros berupa Theodolite T-2 dan Theodolite T-0 agar dapat digunakan para siswa dalam  proses belajar mengajar, khususnya bagi siswa hidrografi.

Diharapkan dengan adanya tambahan alat-alat tersebut sebagai tambahan alins dan alongins tersebut dapat membantu proses belajar mengajar di Pusdikhidros, yang pada akhirnya dapat menghasilkan para surveyor hidrografi yang handal dan profesional.

Selanjutnya, Dankodiklatal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapushidrosal atas idenya menghibahkan peralatan survei hidro-oseanografi kepada Kodiklatal. Ia berharap agar peralatan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam proses pendidikan, sehingga dapat menghasilkan SDM bidang hidrografi yang handal.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha