Published On: Fri, Aug 11th, 2017

Pushidrosal Siap Menjadi Lembaga Hidrografi Kelas Dunia

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro saat memberikan arahan pada apel khusus Pushidrosal.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro saat memberikan arahan pada apel khusus Pushidrosal.

MN, Jakarta – Kepala Pusat Hidrorafi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menginginkan Pushidrosal yang merupakan lembaga hidrografi nasional menjadi lembaga hidrografi berkelas dunia.

Hal tersebut dikatakan dalam sambutannya pada apel khusus di Mako Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara, Kamis (10/8). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Trismadi, para pejabat utama, perwira, bintara, serta ASN di jajaran Pushidrosal.

Menurut Kapushidrosal, sesuai dengan tugas dan  fungsi serta sebagai bagian dari amanat nasional dalam penyelenggaraan fungsi kelembagaan hidrografi nasional, Pushidrosal terus berupaya meningkatkan peran dan kiprahnya baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Keinginan ke arah itu sudah dirintis Pushidrosal yang merupakan representasi Pemerintah Republik Indonesia di kancah internasional dalam bidang hidrografi. Melalui sidang International Hydrographic Organization (IHO) yang diselenggarakan di Monaco pada bulan April 2017, status keanggotaan Pushidrosal telah ditingkatkan dari anggota biasa menjadi anggota dewan, yang secara resmi akan dikukuhkan pada sidang IHO pada bulan Oktober 2017.

Sementara itu, terkait dengan perairan Indonesia pada sisi barat dan selatan yang merupakan bagian dari Samudera Hindia,  menjadi penting bahwa Indonesia sebagai negara yang termasuk dalam kawasan Samudera Hindia untuk dapat meningkatkan kapasitas dan eksistensinya. Oleh sebab itu, pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional mengajukan proposal untuk menjadi anggota North Indian Oceans Hydrographic Commission (NIOHC) mewakili pemerintah Republik Indonesia. Melalui sidang yang ke-17 NIOHC yang diselenggarakan di Kairo Mesir, Indonesia  secara resmi disetujui dan  masuk menjadi anggota tetap NIOHC.

Sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pushidrosal merupakan representasi legal dan wakil pemerintah RI dalam keanggotaan resmi organisasi internasional yaitu International Hydrographic Organization (IHO) yang berkedudukan di Monaco dan sekaligus sebagai anggota Komisi Hidrografi Asia Timur atau East Asia Hydrographic Commission (EAHC). Selain itu menjadi anggota delegasi pemerintah RI di beberapa organisasi internasional di bidang hidrografi, oseanografi dan navigasi pelayaran seperti International Maritime Organization (IMO), Inter­government Oceanographic Commision (IOC), United Nations Conference on Standardization of Geographical Names (UNCSGN), serta United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN).

Anugrah/MN

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha