Published On: Mon, Mar 5th, 2018

Rekor Terpecahkan, Kopda Marinir Budi Santoso Tercepat Lintasi Selat Sunda

Kopda Marinir Budi Santoso saat menyentuh garis finis sebagai yang tercepata dalam ajang Lomba Renang Lintas Selat Sunda 2018.

Kopda Marinir Budi Santoso saat menyentuh garis finis sebagai yang tercepata dalam ajang Lomba Renang Lintas Selat Sunda 2018.

MN, Serang – Ajang Lomba Renang Selat Sunda 2018 yang diselenggarakan oleh Korps Marinir TNI AL telah usai dan menghasilkan beberapa prajurit yang menjadi juara dan memecahkan rekor yang pernah tercatat sebelumnya.

Kopda Marinir Budi Santoso menjadi perenang tercepat pada ajang yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Korps Marinir yang ke-72 tersebut.

Perenang dari satuan Yontaifib-2 Marinir tersebut, menyentuh garis finis di Pantai Tj. Sekong, Dermaga PT. Jumbo Power Int. Merak, Banten pada Sabtu(3/3) sekitar pukul 07.05 WIB, setelah berenang sejauh 39 km dengan waktu tempuh 9 jam 29 menit 56 detik.

Waktu tempuh ini melampaui rekor sebelumnya yaitu selama 9 jam 47 menit 5 detik yang dicatat praka Mar Tayuri dari Yonif-4 Marinir pada ajang yang sama di tahun 1996 yang lalu.

Kopda Marinir Budi Santoso beserta 289 perenang lainnya mengawali lomba dari Dermaga Pelabuhan PT. Bandar Bakau Jaya, Bakauheni Lampung.  Mereka dilepas dari titik start oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP, pada Jumat (2/3) pukul 21.30 WIB.

Perenang berikutnya yang berhasil meraih gelar perenang tercepat kedua yang berhasil menyentuh garis finis adalah Praka Marinir Putu Arsana dari Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) dengan catatan waktu 9 menit 46 menit 37 detik, sedangkan untuk urutan ketiga berhasil diraih Letda Mar Marcel Galih dari Yonif-4 Marinir dengan catatan waktu 9 jam 48 menit 32 detik.

Perenang tercepat pertama dan kedua pada event lomba renang Selat Sunda 2018 ini berhak mendapatkan hadiah utama satu unit mobil ditambah piala dan sertifikat lomba. Sedangkan untuk perenang tercepat ketiga mendapatkan piala, sertifikat lomba dan satu unit sepeda motor. Hadiah ini diserahkan oleh mantan anggota DPR Efendi Simbolon saat upacara penutupan di pantai Tanjung Sekong, Merak, Banten.

Pada kategori lomba dayung yang mengambil lintasan dan jarak yang sama dengan lomba renang Selat Sunda, tim dayung Yonif-8 Marinir yang bermarkas di Pangkalan Brandan, Medan, berhasil menjadi tim dayung tercepat yang mencapai garis finis dengan catatan waktu 5 jam 31 menit 7,23 detik.

Menyusul di belakangnya, Tim Dayung Yonif-3 Marinir Surabaya tim dayung tercepat urutan kedua tercepat dengan waktu tempuh 5 jam 38 menit dan 2,86 detik. Urutan ketiga ditempati Tim Dayung Yonif-10 Marinir Batam dengan waktu tempuh 5 jam 39 menit da 54,66 detik.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com