Published On: Tue, Feb 20th, 2018

Sambut Hari Jadi ke 159, Kabupaten Sidoarjo Gelar Wayang Kulit Berlakon Dewa Ruci

Buati Sidoarjo memberikan potongan kue ulang tahun kepada Pangarmatim Laksda Didik Setiyono sesaat sebelum gelaran Wayang Kulit berlakon Dewa Ruci di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Kamis, (15/02).

Buati Sidoarjo memberikan potongan kue ulang tahun kepada Pangarmatim Laksda Didik Setiyono sesaat sebelum gelaran Wayang Kulit berlakon Dewa Ruci di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Kamis, (15/02).

MN, Surabaya – Dalam memeriahkan hari jadinya yang ke 159 tahun, Kabupaten Sidoarjo menggelar pertujukan Wayang Kulit dengan lakon Dewa Ruci dengan dalang dalang Ki Anom Suroto dan Ki Bayu Prasetyo Aji di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Kamis, (15/02).

Sebelum pertunjukan wayang kulit tersebut digelar dilakukan pemotongan kue oleh Bupati Sidoarjo Saiful Illah yang kemudian diberikan kepada Pangarmatim dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya, para tamu undangan juga dihibur dengan penampilan seni Tari Pedoyo Gayatri dari Sanggar Tari asal Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan atas kehadiran mereka dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 159 ini, dan berharap kegiatan perhelatan budaya wayang kulit ini dapat melestarikan seni budaya Jawa dan juga mendalami nilai-nilai yang dikandungnya.

Cerita pewayangan tentang nama Dewa Ruci berisi ajaran atau falsafah hidup moral orang Jawa. Lakon wayang ini menjadi bagian dari epos Mahabarata. Kisah Dewa Ruci menggambarkan sebuah kepatuhan seorang murid kepada guru, kemandirian bertindak, dan perjuangan keras menemukan jati diri.

“Pengenalan jati diri akan membawa seseorang mengenal asal-usul diri sebagai ciptaan dari Tuhan. Pengenalan akan Tuhan itu menimbulkan hasrat untuk bertindak selaras dengan kehendak Tuhan, bahkan menyatu dengan Tuhan atau sering disebut sebagai Manunggaling Kawula Gusti (bersatunya hamba Gusti)”, ujarnya.

Dalam pewayangan Jawa, Dewa Ruci sendiri merupakan dewa kerdil yang bertemu dengan salah satu Pandawa yaitu Bima saat sedang mencari air kehidupandi dalam lautan. Dewa Ruci memiliki wajah yang mirip sekali dengan Bima hanya berpostur tidak lebih besar dari telapak tangan Bima itu sendiri.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Pangarmatim Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, Komandan Lantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, Wakapolres Sidoarjo, Dandim Sidoarjo, FKPD Sidoarjo, Sekda Sidoarjo, serta masyarakat Kota Sidoarjo.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com