Published On: Sat, Sep 9th, 2017

Sambut HUT TNI AL Ke-72, Lantamal I Belawan Tanam Dua Ribu Bibit Pohon Mangrove

Lantamal i Belawan tanam Mangrove.

Lantamal i Belawan tanam Mangrove.

MN, Medan – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan tanam 2000 bibit pohon Mangrove. Kegiatan penanaman ini bekerja sama dengan Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Wampu Sei Ular Kabupaten Langkat serta Elemen Masyarakat setempat di Desa Lubuk Kertang, Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat. Selasa (5/9).

Kegiatan peduli akan lingkungan di bidang kelautan ini, dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT TNI AL yang ke-72. Kegiatan ini juga merupakan program pemerintah untuk membangkitkan potensi kemaritiman dengan menjaga kelestarian ekosistem maritim sebagai sumber daya terbesar di sepanjang wilayah perairan NKRI.

Selain dengan BPDASHL, kegiatan yang kembali dicanangkan Lantamal I ini, juga mengikutsertakan pemerintah Kabupaten serta elemen masyarakat untuk menanam sekitar 2000 batang bibit pohon mangrove di kawasan Hutan kecamatan Pematang Jaya yang berbatasan dengan Provinsi Aceh sampai dengan Kecamatan Secanggang yang berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang yang luasnya sekitar 21.213,30 Ha.

Dalam kegiatan Penanaman bibit pohon Mangrove kali ini, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir I Gede Wahyu Santoso membacakan amanat Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto SE,Msi.

“Melalui program penanaman bibit pohon mangrove ini, akan tercipta kelestarian ekosistem laut. Selain itu, program ini dilaksanakan guna mencegah terjadinya abrasi air laut, memelihara kelestarian habitat hutan Mangrove, serta menjaga kekayaan sumber daya hayati dan hewani yang ada di Desa Lubuk Kertang ini.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala BPDASHL Wampu Sei Ular Langkat Ir.Heru Winarto M.si mengatakan dalam bahwa Lantamal I dan BPDASHL serta masyarakat sudah sering melaksanakan rehabilitasi hutan Mangrove yang rusak dengan upaya penanaman kembali.

Di tahun 2015, Lantamal I dan BPDASHL telah merehabilitasi hutan Mangrove dari Desa Paluh Kurau Kecamatan Hamparan Perak seluas 20 Hektar. Kemudian Kawasan Pemancar Belawan seluas 5 Hektar. Dan selanjutnya pada tahun 2016 kembali BPDASHL dan Lantamal I melaksanakan rehabilitasi penanaman kembali di Desa Pangkalan Siata seluas 50 Ha dan Desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat seluas 30 Ha.

Khusus di wilayah Desa Lubuk Kertang, tahun ini dilaksanakan pemeliharaan tahun I (P.1) seluas 30 Ha. “Besar harapan kami, kerja sama seperti ini dapat terus dilanjutkan di masa yang akan datang dengan scope yang lebih besar”, tutupnya.

Turut hadir dalam acara seremonial penanaman bibit pohon Mangrove tersebut antara lain Ketua DPRD Langkat Kirana Sitepu, para Asisten Danlantamal I, Jalasenastri Korcab I DJAB, Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin, Sik, MH, Kepala Desa Lubuk Kertang Langkat, tokoh kepemudaan, tokoh masyarakat, siswa sekolah, serta masyarakat Desa Lubuk kertang.

Anugrah/MN

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com