Published On: Tue, Oct 3rd, 2017

Sambut HUT TNI, Lanal Batuporon Tanam Mangrove

Lanal Batuporon bersama unsur masyarakat tanam mangrove.

Lanal Batuporon bersama unsur masyarakat tanam mangrove.

MN, Surabaya – Untuk memeriahkan peringatan HUT ke-72 TNI, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batuporon, melalui Posal Pagerungan dan Poskamladu Gresik melaksanakan penanaman pohon Mangrove di dua lokasi yang berbeda, Selasa (3/10).

Pelaksanaan penanaman Mangrove berada di Pantai Togo-togo Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep dan di Sungai Kali Mireng (Go Green) Desa Manyarejo dan Manyar Sidomukti Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik.

Di Pantai Togo-togo kegiatan penanaman Mangrove tersebut diikuti oleh siswa-siswi SMPN 2 Sapeken dan Perwakilan PT. Kei, Ltd (Komdev).

Sebanyak 100 siswa dan 15 orang guru serta  10 orang dari PT. Kei,Ltd melakukan menanam mangrove sebanyak 1200 pohon dengan  luas areal yang ditanami 25 m X 1000 m = 25000 M².

Sedangkan di Kabupaten Gresik, Lanal Batuporon bekerja sama dengan Pokmawas Desa Manyarejo, Kelurahan Manyar, Kelompok Konservasi Mangrove Desa Manyar,  perwakilan BKMS, Dinas Perikanan Kabupaten Gresik, HNSI Cabang gresik, Koramil Manyar, Satpolair Polres Gresik, dan Karang Taruna Desa Manyar Komplek.

“Penanaman pohon mangrove ini nantinya akan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan, menjaga keseimbangan ekosistem alam yang terdapat disekitar hutan mangrove dan  dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan serta kualitas ekosistem alam terutama wilayah laut yang saat ini mulai banyak terkikis atau tergerus oleh ombak.,” ujar Komandan Lanal Batuporon Letkol Mar. Ena Sulaksana, S.E..

Ia  juga menyampaikan bahwa Pohon mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir  yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai penyedia nutrien dan zat hara penting, serta mempunyai fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi dan gelombang air laut.

“Hutan mangrove nantinya akan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan, baik itu manusia maunpun sebagai keseimbangan ekosistem alam yang terdapat disekitar Hutan Mangrove,” lanjutnya.

“Gerakan penghijauan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kualitas ekosistem alam terutama wilayah laut yang saat ini mulai banyak terkikis atau tergerus oleh ombak,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha