Published On: Sat, Jan 20th, 2018

Sambut Kedatangan Tim Pengawas Itjenal, Kolinlamil Evaluasi Kinerja Tahun 2017

Pembukaan taklimat awal wasrikkap itjenal di ruang rapat Pangkolinlamil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pembukaan taklimat awal wasrikkap itjenal di ruang rapat Pangkolinlamil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

MN, Jakarta – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Lengkap (Wasrikkap) Inspektorat Jenderal dan Perbendaharaan TNI AL (Itjenal). Kegiatan terhadap evaluasi kinerja bagi Kolinlamil ini dibuka oleh Irbin Itjenal Laksma TNI Sunaryo yang mewakili Irjenal dan diterima Kepala Staf Komando Lintas Laut dan Militer (Kaskolinlamil) Laksma TNI Irwan Achmadi di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/1).

Pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan lengkap akan berlangsung selama 20 hari mulai tanggal 17 Januari – 6 Februari 2018.

Tim Wasrikkap Itjenal yang dipimpin Irbin Itjenal Laksma TNI Sunaryo sebagai Pengendali, didampingi Irdapers Kolonel Laut (P) Hadi Priyono, Irdamat Kolonel Laut (T) Slamet S. Soepodo, S.E., M.M dan perwira pemeriksa (Parik) lainnya.

Pangkolinlamil dalam sambutan yang dibacakan Kaskolinlamil mengatakan pada hakikatnya fungsi pengawasan merupakan bagian penting dalam proses manajemen suatu organisasi, tidak terkecuali hal ini berlaku pula dalam proses manajemen organisasi di kolinlamil.

Pelaksanaan pengawasan yang tepat akan dapat mendeteksi dan mencegah terjadinya penyimpangan serta penurunan kinerja organisasi secara dini, guna menjamin kesesuaian perencanaan program dengan dinamika pelaksanaannya di lapangan.

Oleh karenanya, fungsi pengawasan dapat memberikan kontribusi positif kepada setiap organisasi khususnya di mako kolonlamil, satlinlamil jakarta dan satlinlamil surabaya sehingga dapat mendukung efisiensi dan produktivitas dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

“Bagi tiap-tiap bagian atau satker yang menjadi obyek pengawasan itjenal kali ini, agar menyiapkan sebaik-baiknya dan memberikan masukan secara jujur, terbuka serta transparan, sehingga tim pengawas mendapatkan data yang akurat dan selanjutnya hasil temuan yang didapat bisa memberikan saran masukan dan koreksi perbaikan dalam pelaksanaan pembinaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pangkolinlamil juga berpesan bahwakeberhasilan pembinaan ditentukan oleh perencanaan yang matang dan terukur. Oleh karena itu, diperlukan adanya pola pikir yang senantiasa berlandaskan kepada tertib hukum, tertib administrasi, dan tertib tindak agar tercapai keseimbangan antara daya guna dan hasil guna secara optimal di seluruh bidang.

“Kita sama-sama menyadari bahwa fungsi pembinaan adalah fungsi pemimpin atau fungsi komando, dan fungsi pengawasan juga merupakan fungsi pemimpin dalam mengemban fungsi pembinaan, maka fungsi pengawasan adalah menjadi wewenang dan tanggung jawab pemimpin pada semua tingkat dan eselon di jajaran masing-masing,” tandas Pangkolinlamil.

Sementara itu, Irjenal dalam Taklimat Awalnya yang dibacakan Irbin Itjenal antara lain mengatakan bahwa penyelenggaraan pengawasan dan pemeriksaan merupakan salah satu program penyelenggaraan manajemen dan operasional pada rencana strategis TNI AL yang akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian pembangunan kekuatan TNI AL menuju Minimum Essential Force (MEF) secara berkesinambungan. Karena melalui pengawasan diharapkan akan dapat mendeteksi dan mencegah penyimpangan, penurunan kinerja organisasi, serta menjamin kesesuaian program dengan dinamika lapangan.

Irjenal juga menambahkan bahwa pemeriksaan Itjenal tidak ditujukan untuk mencari kesalahan atau penyimpangan tetapi untuk memberikan saran dan masukan sebagai dasar perbaikan dan penyempurnaan sehingga diharapkan dapat mencapai hasil dan tujuan yang optimal.

Pada kesempatan itu, Tim Wasrikkap Itjenal menerima paparan mengenai gambaran secara umum tentang evaluasi pelaksanaan program kerja Kolinlamil selama periode 2016 – 2017 oleh Asrena Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Rakhmawanto. Paparan ini dimaksudkan untuk mempermudah tim Itjenal dalam melakukan pendalaman pada masing-masing obyek wasrik yang akan diperiksa.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha