Published On: Tue, May 16th, 2017

Sambut Lebaran, Ditjen Hubla sebut kondisi Kapal sudah Siap 100%

Ilustrasi: Persiapan Mudik Lebaran 2017

MNOL, Jakarta – Menjelang persiapan mudik Lebaran tahun ini, Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah melaksanakan uji laik laut terhadap 1.342 unit kapal di seluruh Indonesia.

Ditjen Hubla yang diwakili oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub, Capt Rudiana, MM menyatakan bahwa jumlah kapal yang telah diinspeksi mencapai 1.342 kapal di seluruh Indonesia. Namun, dirinya akan melakukan pengecekkan kembali karena dikhawatirkan ada kapal yang terdata double (ganda).

“Kapal Indonesia kan ada 1.268 unit kapal, maka nanti akan dicek kembali, siapa tau ada namanya yang sama, jadi di pelabuhan ini dicatat dan di pelabuhan lain juga dicatat,”ujarnya.

Antisipasi yang dilakukan oleh  Capt Rudiana sebagai wujud pelayanan untuk keselamatan dan kenyamanan terhadap masyarakat pengguna jasa transportasi laut. Untuk itu, dia mengungkapkan bahwa kesiapan kapal menyambut mudik lebaran 2017 telah siap 100 persen.

“Untuk kapal sudah 100 persen dari 1.268 kapal, kita sudah cek 1.342 kapal yang dimana banyak yang sama, makanya kita cek lagi,” pungkasnya.

Seperti biasa, masalah angkutan laut saat mudik Lebaran dari tahun ke tahun tak menunjukan perbaikan yang signifikan. Keterlambatan kapal dan tidak siapnya pelabuhan selalu menjadi problema yang dihadapi Indonesia.

Kendati pemerintah sudah menggagas visi Tol Laut, namun permasalahan itu tak kunjung berakhir. Oleh karena itu, secerca harapan muncul kembali menjelang Labaran 2017 ini.

(Muhadzir/MN)

 

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com