Published On: Sat, Oct 28th, 2017

Semangat Sumpah Pemuda, 3 BUMN Sosialisasi Nawacita dan Poros Maritim Dunia di Medan

Dirut BKI Rudiyanto

MN, Medan – Kementerian BUMN menyelenggarakan kegiatan “BUMN Hadir di Kampus”, serentak di 28 perguruan tinggi di Indonesia (28/10) pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan kondisi perekonomian nasional dan peran serta hadirnya BUMN sebagai salah satu penopang pilar ekonomi bangsa.

Tak hanya itu, event ini digelar juga untuk meningkatkan link and match antara BUMN dan perguruan tinggi.

Dengan tema “Membangun Ekonomi Indonesia yang Berkeadilan”, BUMN Hadir di Kampus menerjunkan para pejabat eselon I Kementerian BUMN dan Direktur Utama BUMN untuk berdiskusi dengan civitas akademika dan para pakar dari perguruan tinggi.

BUMN memandang, civitas akademika merupakan bagian penting dari generasi bangsa yang diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi  lebih baik, adil, makmur dan sejahtera.

Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) 3 BUMN bersinergi secara bersama-sama hadir menyelenggarakan kegiatan BUMN Hadir di Kampus. 3 BUMN tersebut yakni PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP 2 dan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 1000 peserta tersebut bertempat di Gelanggang Mahasiswa UINSU tersebut dimulai pada pukul 09.00 hingga 12.00. Narasumber yang dihadirkan antara lain Prof. DR. Saidurrahman. M.Ag Rektor UINSU, Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) M. Awaluddin dan Dirut PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Rudiyanto serta pembicara pendamping Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PNM, Arief Mulyadi,.

Dalam kesempatan tersebut, Rudiyanto menyampaikan bahwa “Selama 72 tahun Indonesia merdeka, BUMN telah hadir untuk negeri melalui beragam kontribusi dan peran strategisnya sebagai agen pembangunan.

“Saat ini produk dan jasa BUMN telah hadir dan dinikmati secara luas oleh masyarakat. BUMN terus menjadi penggerak dan pilar pemerintah dalam menjalankan program-program prioritas pembangunan nasional. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, BUMN hadir melalui peningkatan konektivitas, pembangunan infrastruktur, ketahanan pangan, dan pemberdayaan masyarakat,” ungkap Rudiyanto.

Ia menambahkan seperti hal nya, PT BKI sebagai BUMN Jasa Klasifikasi survey satu-satunya yang dimiliki Indonesia, turut berpartisipasi mendukung pembangunan Nasional dengan memperkuat setiap lini kebijakan Pemerintah terutama sektor maritim melalui jasa Klasifikasi dan komersialnya. Misalnya seperti memperkuat Poros Maritim Dunia dengan jaringan Klasifikasi internasional dan telah mendapatkan pendelegasian dari 3 Negara dengan semangat BKI Go to IACS.

“Kita juga membantu pemerintah dalam penanganan proyek-proyek pemerintah seperti program kemitraan penyelesaian Palapa Ring Timur untuk menyambung konektivitas di Indonesia, memberikan pendampingan standarisasi Kapal di Kementerian Kelautan hingga pendataan validasi data masyarakat kurang mampu program Kementerian Sosial.” pungkasnya.

Dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan akses permodalan untuk usaha mikro, kecil dan menengah, BUMN melakukan perluasan usaha sampai ke pelosok negeri. BUMN juga berupaya keras untuk mewujudkan keadilan ekonomi masyarakat Indonesia bagian Timur, khususnya masyarakat Papua.

Upaya ini dihadirkan BUMN melalui Program BBM Satu Harga serta Semen dan Sembako Turun Harga. Sedangkan untuk memberdayakan masyarakat, BUMN melakukan pembinaan terhadap 452 ribu Usaha Kecil Menengah (UKM) dan 1,6 juta ibu prasejahtera agar mampu mandiri.

Sedangkan Muhammad Awaluddin menyampaikan dalam paparannya bahwa, pemerintah dalam rangka untuk mendukung konektivitas Nasional, meminta BUMN untuk melakukan percepatan penyelesaian 568 kilometer jalan tol dalam periode 2015-2019, pembangunan bandara udara dan pelabuhan di berbagai wilayah Indonesia. Rasio elektrifikasi bagi masyarakat juga meningkat tajam mencapai 93% atau naik 9% dari akhir tahun 2015.

“Pencapaian-pencapaian tersebut tidak lepas dari peran BUMN sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk mencapai sasaran strategis nasional. BUMN bekerja keras dan bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat untuk percepatan pelaksanaan target yang dicanangkan oleh pemerintah”.

Awaluddin menambahkan dalam tiga tahun terakhir saja PT Angkasa Pura II (Persero) sudah melakukan pengembangan cukup signifikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Husein Sastranegara di Bandung, Supadio di Pontianak, Depati Amir di Pangkalpinang, Sultan Thaha di Jambi, dan Silangit di Siborong-borong yang mulai hari ini juga melayani penerbangan internasional.

“Di bandara-bandara tersebut dilakukan pembangunan secara fisik maupun soft infrastructure yakni penerapaan digitalisasi untuk mendukung terwujudnya Smart Airport,” jelasnya.

Secara umum, program BUMN Hadir di Kampus ini membahas tujuh poin yakni Tantangan Pembangunan Indonesia & Nawacita, Visi/Misi & Kontribusi BUMN, Peran BUMN sebagai Agen Pembangunan & Penciptaan Nilai, BUMN Mendorong Konektivitas & Daya Saing, BUMN menerangi dan Memberi Akses Informasi Bumi Nusantara, BUMN Membangun Pemberdayaan Masyarakat, dan BUMN Mewujudkan Keadilan Ekonomi, Sosial, UKM & Lingkungan.

Selain memberikan kuliah tamu, tiga BUMN yaitu PT Permodalan Nasional Madani (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), dan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI juga memberikan bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) di UINSU yang di terima oleh Rektor UINSU.

Masing-masing BUMN memberikan CSR berupa 10 LCD Proyektor dengan total 30 LCD Proyektor yang diperuntukan guna meningkatkan pengembangan kompetensi di Kampus dan juga mendukung ragam kegiatan kemahasiswaan.

 

(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com