Published On: Wed, Jun 13th, 2018

Semangat World Oceans Day 2018, Semangat APMI Bangun Kaderisasi di Indonesia

Lokasi Komda APMI se-Indonesia

MN, Jakarta – Setiap tanggal 8 Juni, berbagai bangsa termasuk Indonesia memperingati World Oceans Day (Hari Laut Sedunia). Peringatan World Oceans Day pertama kali berawal dari pengajuan Canada’s International Centre for Ocean Development (ICOD) and the Ocean Institute of Canada (OIC) pada Earth Summit – UN Conference on Environment and Development (UNCED) 1992 di Rio de Janeiro, Brazil.

Menurut Wakil Sekjen Assosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) Kaisar Akhir, tujuan World Oceans Day awalnya untuk menempatkan laut sebagai pusat pembahasan dan kebijakan antarpemerintah nasional dan organisasi nonpemerintah serta menyuarakan aspirasi konstituen daerah pesisir dan pelaku sektor kelautan seluruh dunia dalam forum internasional yang saat itu sektor kelautan masih terbelakang dibandingkan sektor lainnya.

“Saat ini, peringatan World Oceans Day diselenggarakan untuk menghormati, melindungi, dan melestarikan lautan dunia karena perannya yang sangat besar bagi kehidupan manusia,” ujar Kaisar memlaui keterang tertulisnya yang diterima redaksi, Rabu (13/6).

Kaisar yang saat ini sedang studi program MSc in Maritime Affairs dengan spesialisasi Ocean Sustainability, Governance and Management di World Maritime University, Swedia, mengutarakan berbagai aksi telah banyak dilakukan masyarakat baik secara individu maupun kelompok untuk konservasi sumber daya dan lingkungan laut sebagai bentuk peringatan World Oceans Day. World Oceans Day tahun ini bertemakan “Preventing plastic pollution and encouraging solutions for a healthy ocean”.

Semenatra itu, di tempat terpisah, Sekjen APMI Ahlan Zulfakhri mengatakan bahwa hadirnya 30 Komisariat Daerah (Komda) APMI di seluruh Indonesia menjadi inisiator peran pemuda maritim bukan hanya di tingkat nasional tapi juga hingga tingkat lokal dalam bentuk berbagai aksi nyata kemaritiman, termasuk menjaga kebersihan pantai dan laut serta pemberdayaan masyarakat pesisir.

“Melalui momentum World Oceans Day, bersama APMI mari kita kurangi penggunaan barang-barang berbahan plastik sekali pakai dan jumlah sampah plastik baik di lautan, pesisir, maupun sungai Indonesia,” ajak Ahlan.

Bertepatan dengan World Oceans Day 2018, Komda APMI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DI Yogyakarta) resmi berdiri. “Berdirinya APMI DI Yogyakarta dan Komda lainnya di berbagai daerah Indonesia menunjukkan semangat dan sikap pemuda yang terus berkobar untuk turut serta menjaga dan mengelola sumber daya laut yang kita punya secara lestari dan menjadikannya kekuatan ekonomi bangsa,” ujar Renaldi Bahri Tambunan selaku Ketua Umum APMI.

“Dengan berdirinya APMI DI Yogyakarta, total Komda APMI saat ini berjumlah 30 terdiri atas 22 Komda tingkat Provinsi dan 8 Komda tingkat Kabupaten/Kota. Selain itu, ada 10 Komda lagi dalam proses pendirian,” pungkasnya. (hsn)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com