Published On: Mon, Jun 25th, 2018

Setelah Beri Bantuan 350 Lifejacket Standar SOLAS, Dirut BKI Janjikan Beri Pelatihan Vocational Awal Kapal Wisata

MN, Medan - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI memberikan bantuan lifejacket sebanyak 350 buah untuk kebutuhan operasional pelayaran di sekitar Danau Toba. Penyerahan bantuan lifejacket tersebut dilakukan oleh Direktur Operasi BKI Mohamad Cholil dalam kunjungannya bersama Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ke Danau Toba pada Minggu pagi (26/6) Bantuan lifejacket tersebut nantinya akan tersedia di dermaga-dermaga yang berada di kawasan Danau Toba, antara lain Pelabuhan Muara, Pelabuhan Balige, Pelabuhan Aji Bata, dan Pelabuhan Prapat Danau Toba. "Ini merupakan peran serta BKI sebagai representasi BUMN Hadir Untuk Negeri guna meningkatkan keselamatan pelayaran nasional, khususnya untuk aktivitas pelayaran di Danau Toba", ujar Direktur Operasi BKI Mohamad Cholil, di Parapat, Minggu (24/6). Ia menambahkan lifejacket yang diserahkan tersebut, sudah sesuai standar keselamatan pelayaran internasional atau biasa dikenal dengan SOLAS ( Safety of Life at Sea). Ia pun berharap dengan adanya penambahan lifejacket untuk Dermaga Tiga Ras Danau Toba, akan meningkatkan keselamatan pelayaran di sekitar Danau Toba. Lebih lanjut, Mohamad Cholil mengatakan bahwa pengusaha pelayaran Danau Toba, penumpang kapal, masyarakat sekitar, maupun instransi terkait lainnya juga perlu mengetahui persoalan keselamatan dalam berlayar menggunakan kapal. Melalui websitenya, BKI juga telah memaparkan prosedur-prosedur terkait keselamatan dalam pelayaran. Untuk para pengusaha pelayaran, tidak dianjurkan untuk menambah kapasitas penumpang melebihi dari yang disyaratkan, karena sangat berhubungan erat dengan keselamatan seluruh penumpang, barang, maupun kapal itu sendiri. Terakhir, Cholil berpesan agar seluruh stakeholder, baik itu pengusaha pelayaran maupun masyarakat banyak untuk lebih meningkatkan kesadaran terkait keselamatan dalam berlayar. "Semoga ke depan masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di sekitar Danau Toba serta para stakeholder terkait, dapat terus meningkatkan edukasi soal keselamatan dalam berlayar," pungkasnya.

Direktur Keuangan dan Administrasi BKI Timbul Tambunan (paling kiri) dan Direktur Operasi BKI Mohamad Cholil (dua dari kanan) saat menyerahkan bantuan l350 lifejacket untuk pelayaran di Danau Toba.

MN, Medan – Sebagai bentuk perwujudan BUMN untuk negeri serta bentuk perhatian terhadap permasalahan bangsa, PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) / BKI memberikan bantuan 350 buah lifejacket untuk kebutuhan pelayaran di perairan Danau Toba Sumatera Utara pada Minggu (24/6).

Bantuan lifejacket yang diserahkan langsung oleh Direktur Operasi PT. BKI Mohamad Cholil dan Direktur Keuangan dan Administrasi Timbul Tambunan tersebut, merupakan salah satu produk terbaik yang berada di pasaran dan sudah memenuhi standar sebagai perlengkapan keselamatan di dunia.

Direktur Utama PT. BKI Rudiyanto menjelaskan bahwa bantuan lifejacket ini merupakan salah satu perwujudan BUMN untuk Negeri. Lifejacket tersebut sudah memenuhi standar Safety of Life at Sea (SOLAS) yang merupakan standar baku bagi standar keselamatan pelayaran internasional.

Ia juga menjamin kualitas dari lifejacket yang diberikan tersebut karena dipesan dengan agen yang memang sudah terpecaya selama ini.

Lifevest yang diberikan oleh BKI adalah lifevest yang sudah sesuai dengan standar SOLAS dan kami pesan dari agent yangg juga approved,” ujarnya.

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan K3 Nasional ini juga mengakui bahwa bantuan yang diberikan tersebut masih jauh dari cukup untuk kebutuhan pelayaran di perairan sekitar Danau Toba. Ke depannya, ia juga berharap BKI bisa memberikan lebih banyak lagi bantuan terkait aspek keselamatan pelayaran seperti ini.

Selain memberikan bantuan lifejacket yang sudah sesuai dengan standar SOLAS sebanyak 350 buah, BKI juga akan memberikan pelatihan vocational gratis bagi para awak kapal. Para awak kapal yang bisa memperoleh pelatihan ini tidak hanya awak kapal yang beroperasi di Danau Toba saja, namun juga akan diberikan kepada awak kapal di seluruh lokasi wisata di Indonesia.

“Mohon maaf jika bantuan sebanyak 350 lifevest ini memang kurang dari sisi kuantitas, ke depannya kami beharap bisa memberi lebih banyak lagi. Insya Allah kami juga akan memberikan pelatihan vocational gratis bagi para awak kapal yg beroperasi tidak hanya di TOBA tapi juga di daerah wisata lainnya di Indonesia,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com