Published On: Wed, Sep 20th, 2017

Siap Tempur, Satlinlamil Jakarta Gelar Uji Terampil L3

Upacara pelepasan Latihan Gladi Tugas Tempur Tingkat-3/L-3 Terpadu dengan Irup Irkolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Tr (Han) di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

Upacara pelepasan Latihan Gladi Tugas Tempur Tingkat-3/L-3 Terpadu dengan Irup Irkolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Tr (Han) di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

MN, Jakarta – Guna melatih kesiapsiagaan unsur-unsur Kapal Perang di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) agar mampu melaksanakan kegiatan tempur, Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta selaku Komando Pelaksana Pembinaan (Kolakbin) menggelar latihan uji terampil Tingkat III/L-3 terhadap empat KRI di bawah binaannya, yaitu KRI Teluk Manado 537, KRI Mentawai 959, KRI Tanjung Kambani 971, dan KRI Tanjung Nusanive 973 pada Rabu (20/9).

Latihan ini dibuka oleh Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Tr (Han) yang mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Prastiawan, M.AP.

Dalam amanatnya, Pangkolinlamil mengatakan bahwa latihan L3 unsur Kolinlamil ini merupakan salah satu realisasi dari fungsi pembinaan untuk meningkatkan kemampuan prajurit dan unsur Kolinlamil. Disamping juga sebagai tolak ukur pembinaan kemampuan dan kekuatan unsur Kolinlamil, sekaligus untuk mengukur kesiapsiagaan operasional dan kerjasama taktis unsur Kolinlamil sesuai fungsi asasinya.

Latihan Uji Terampil Tingkat III/L-3  ini dilaksanakan oleh empat kapal binaan Kolinlamil  yang berjenis  Frosch-I/Type 108, jenis Coaster dan  kapal bantu angkut personel di Perairan Laut Jawa. Dalam tahap manuver lapangan mulai dari Laut Jawa menuju Pulau Untung Jawa dan kembali ke Pangkalan Jakarta mulai 20 – 23 September 2017.

Sasaran latihan pada uji terampil Tingkat III/L-3  ini, diharapkan KRI mempunyai kemampuan tempur yang meliputi mampu memecahkan persoalan taktis dilaut dalam suatu formasi tugas tempur sesuai fungsi asasi dan melaksanakan peperangan dan pertahanan kapal dalam formasi tugas tempur dilaut secara terbatas, meliputi : peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti kapal selam, peperangan udara dan peperangan ranjau.

Latihan uji terampil Tingkat III/L-3 ini juga merupakan latihan lanjutan dari latihan-latihan yang telah dilaksanakan sebelumnya, artinya kapal-kapal yang akan melaksanakan uji terampil Tingkat III/L-3  harus sudah lulus pada  uji terampil Tk I/L1 dan uji terampil Tingkat II/L2.

Dan latihan L3 ini sebagai tolak ukur  untuk dapat melaksanakan latihan yang lebih tinggi lagi yakni uji terampil Tingkat IV/L4.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com