Published On: Mon, Aug 14th, 2017

Songsong JNPMP 2018, KNPI Gelar Rakor Maritim dan Pelatihan Wisata Bahari di Lombok

Pelaksanaan Rakor Maritim dan Pelatihan Wisata bahari oleh KNPI di Lombok Tengah

MN, Lombok – Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) bertempat di D’Praya Hotel Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Rakor Bidang Maritim DPD KNPI Provinsi Se-Indonesia dan Pelatihan Pariwisata Bahari selama dua hari yaitu pada tanggal 10-11 Agutus 2017.

Dalam sambutannya pada pembukan acara tersebut Ketua Umum DPP KNPI yang diwakili Sekretaris Jenderal Sirajuddin Abdul Wahab mengatakan bahwa DPP KNPI menaruh perhatian penuh pada dunia kemaritiman dan hal ini dibuktikan dengan terselenggaranya Jambore Nasional Poros Maritim Pemuda (JNPMP) yang pertama di Bangka Belitung tahun 2016 lalu dan kegiatan yang sama bulan april tahun 2017 lalu di Provinsi Maluku.

“Kami DPP KNPI menaruh perhatian penuh dimana kepengurusan kami telah dua kali melaksanakan Jambore Nasional Poros Maritim Pemuda (JNPMP) dan kegiatan-kegiatan kemaritiman lainnya serta  kegiatan Rakor Bidang Maritim hari ini yang menghadirikan perwakilan KNPI setiap provinsi adalah juga dalam rangka persiapan acara yang sama tahun depan yang direncanakan di Mandalika Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat,” ujar Sirajuddin.

Selanjutnya DPP KNPI juga mengucapakan banyak terimakasih atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam mendukung Rakor ini dan pelaksanaan JNPMP tahun 2018 mendatang.

Pada kesempatan yang sama Kementerian Pariwisata RI yang diwakili oleh Deputi Kelembagaan Pariwisata RI, Prof Dr. Ahman Syah menyatakan potensi kepariwisaatan Indonesia luar biasa. Indonesia memiliki 17.505 pulau, 525 Suku bangsa dan 250 bahasa daerah serta memiliki 255 uta penduduk.

“Itu semua merupakan potensi parwisata. 70 persen lautan 30 Persen daratan inilah gambaran tubuh manusia, manusia juga begitu 70 % air 30 % daging dan tulang, dan inilah Indonesia. Presiden membaca peluang dan potensi ini maka sejak tahun 2015 sampai tahun 2017 sudah tiga tahun berturut-turut beliau menetapkan pariwisata harus menjadi prioritas pemmbangunan nasional,” ungkap Ahman dalam sambutannya.

Sambungnya, Indonesia sudah merdeka lebih dari 70 tahun, namun baru pada Pemerintahan Presiden Jokowi ini, sektor periwisata ditetapkan sebagai salah satu prioritas pembangunan Nasional.

“Padahal potensi kita dari sejak adanya pulau-pulau di Indonesia sudah sangat berpotensi. cuma orang tidak membaca. Anak SD ketika disuruh menggambar, gambarnya cuma gunung dan sawah tidak pernah menggambar laut. Padahal kita ini Negara Maritim yang besar. Oleh karena itu saya kira pilihan tema ‘Pesona Wisata Bahari Indonesia’  yang diusung oleh oleh KNPI adalah tema yang tepat,“ tandas Ahman dengan penuh motivasi dan harapan.

Lebih lanjut ia mengatakan paling tidak kader KNPI ini menjadi agent of change untuk mendesiminasikan, menyebarluaskan mengenai apa, mengapa dan bagaimana soal wisata bahari di Indonesia. Sehingga hal itu menjadi satu kebutuhan di masa depan untuk menunjang perekonomian nasional dalam visi Poros Maritim Dunia.

“Ketika Bapak Presiden Jokowi sudah menetapkan pariwisata sebagai prioritas pembangunan Nasional maka kita harus action di bawahnya, bagaimana caranya? Tadi membuat orang dari tidak tahu manjadi tahu, menyebarluaskan pengetahuan tentang wisata bahari. Saya bangga karena yang menginisiasi kegiatan seperti ini adalah dari organisasi pemuda yang pernah menjadi lembaga yang mengkaderkan dan mewariskan ilmunya kepada saya dan saya bangga karena adik-adik saya melaksanakan ini,” pungkas Ahman.

Selanjutnya dalam Sambutan Gubuernur Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Lalu M.Faozan menyatakan rasa terimakasih kepada pemuda Indonesia yang bernaung di bawah KNPI di seluruh Indonesia. Di mana hari ini hadir dalam Rakor Bidang Maritim DPD KNPI Provinsi Se-Indonesia serta Pelatihan Pariwisata Bahari.

“Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat berhalangan hadir pada hari ini sehingga saya diminta mewakili beliau mengucapkan terimakasih kepada DPP KNPI yang telah menetapkan pelaksanaan kegiatan hari ini di Lombok Tengah. Kami sejalan dengan Kementerian Pariwisata RI untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaan JNPMP tahun 2018 mendatang di Mandalika Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat,“ ujar Faozan.

Sedangkan Ketua DPP KNPI Bidang Maritim Baharudin Farawowan menyatakan bahwa pelaksanaan Rakor Bidang Maritim DPD KNPI Provinsi Se-Indonesia dan Pelatihan Pariwisata Bahari ini dilaksanakan di Lombok Tengah juga sekaligus melakukan survey lapangan dan berkoordinasi dengan Pejabat Daerah setempat.

“Kegitan ini untuk melihat kesiapan teman-teman Pengurus KNPI dan Organisasi kepemudaan (OKP) Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya di Kabupaten Lombok Tengah tentang persipan untuk menyukseskan acara ini. Karena penyelenggaraan di Mandalika ini harus lebih baik dari JNPMP sebelumnya,” ungkap Bahar di sela-sela acara tersebut.

 

(Adit/MN)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha