Published On: Mon, Jun 18th, 2018

Sukses Tangani Arus Mudik Tahun Ini, Menhub Kaji Kemungkinan Gratiskan Moda Transportasi Selain Kapal Laut

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

MN, Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia bisa berbangga diri terkait penanganan arus mudikhari raya Idul Fitri 1439 H tahun ini. Meski dibayangi oleh beberapa kecelakaan pda moda transportasi perairan yang menelan banyak korban jiwa dalam beberapa hari yang lalu, namun secara garis besar penanganan arus mudik kali inibisa dikatakan sukses.

Terkait pencapaian ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan jajarannya agar tidak lekas berpuas diri. Menhub mengajak seluruh pihak terkait untuk terus bekerja keras meyukseskan penanganan mudik edisi selanjutnya.

Menhub mengungkapkan akan melakukan beberapa langkah guna meningkatkan penanganan arus mudik di tahun berikutnya.

Pertama, pihaknya akan melakukan riset terhadap perilaku para pemudik. Riset ini perlu dilakukan guna memperkuat pemetaan kemacetan saat arus mudik. “Kita akan lakukan riset perilaku orang yang menggunakan motor seperti apa, bus apa, mobil apa,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga mengajak para pengguna jalan untuk bekerja sama dengan pemerintah serta akan terus mengembangkan moda trasportasi lain seperti kereta api dan tentu saja kapal laut yang i tahun ini sukses memberangkatkan puluhan ribu pemudik

“Kedua, pengguna jalan tol harus punya komitmen, pada masa-masa seperti (arus mudik) ini dia sudah harus memperkirakan dia harus sediakan tempat parkir mobil dan sebagainya yang secara sehari-hari dia tidak pakai. Dan lain ketiga kita harus mengembangka moda lain seperti kapal, kereta api. Seperti keharusan kita untuk membangun Jakarta-Surabaya,” lanjutnya.

Menhub juga akan mengkaji kemungkinan pihaknya mengupayakan penurunan tarif transportasi masal bahkan bila memungkinkan akan menggratiskannya seperti yang telah dilakukan pada moda transportasi kapal laut saat ini.

“Bisa saja (penurunan tarif), bukan tidak mungkin. Malah saya kasih gratis seperti kapal laut,” pungkas mantan Dirut Angkasa Pura II tersebut.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com