Published On: Thu, Aug 17th, 2017

Syukuri Nikmat Merdeka, Kolinlamil Gelar Doa Bersama 171717

kolinlamil doa 171717

Suasana doa bersama 171717 Kolinlamil umat Islam di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Umat Protestan dan Katholik di Gereja Oikumene Sunter dan umat Hindu di Pura Jaya Cilincing.

MN, Jakarta – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar Gerakan Doa Bersama 171717 bersama masyarakat dilingkungan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (17/8). Doa bersama di Kolinlamil bagi umat Islam dipimpin Ketua MUI Jakarta Utara K.H. Ibnu Abidin.

Sedikit informasi, Gelaran Doa Bersama 171717 adalah gelaran doa yang digelar pada hari ini, 17 Agustus 2017 pada pukul 17.00 WIB.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP., dalam sambutannya yang disampaikan Kaskolinlamil Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.AP. mengatakan  gerakan doa bersama yang bertemakan ‘Muroja’ah Untuk Lebih Berkasih Sayang’ itu digagas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Kegiatan doa bersama 171717 di lingkungan Kolinlamil dibagi dalam tiga lokasi, untuk yang beragama Islam di Lapangan Samudera, Dermaga Kolinlamil, Kristen Protestan dan Katholik bergabung di Gereja Oikumene, Sunter, serta bagi para pemuluk agama Hindu di Pura Jaya, Cilincing Jakarta Utara.

“Ini dilaksanakan tidak hanya di Markas atau kantor satuan jajaran Kolinlamil (Kotama TNI AL) namun juga satuan TNI AD dan TNI AU selama satu jam (17.00 hingga 18.00) waktu setempat di seluruh wilayah Indonesia,” jelas Pangkolinlamil.

Bagi yang beragama Islam khusus para hafiz/penghafal Al-Qur’an untuk khataman bersama, sedangkan yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu dipimpin oleh pemuka agama masing-masing sesuai wilayah waktu setempat.

Gerakan doa bersama yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh prajurit TNI bersama masyarakat bertujuan agar sesama anak bangsa Indonesia untuk lebih mengasihi dan menyayangi.

“Agar kita sesama anak bangsa tetap dapat menjaga kebersamaan, persatuan, dan keutuhan dalam bingkai NKRI. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan sungguh-sungguh dan memohon pada waktu yang sama, mudah-mudahan semuanya dikabulkan agar kita penuh dengan kasih sayang, hidup rukun dan damai,” ajak Pangkolinlamil menyampaikan amanat Panglima TNI.

“Kemerdekaan Republik Indonesia itu berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga kita semua wajib bersyukur atas kemerdekaan yang telah diberikan-Nya.Mari seluruh komponen anak bangsa memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita penuh dengan kasih sayang antar sesama, rukun dan damai,” lanjutnya.

Pangkolinlamil juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan yang gugur saat berjuang memerdekan bangsa ini.

“Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah dan hari kemerdekaan bangsa Indonesia berkat jasa para Pahlawan kesuma bangsa. Jangan lupa, kemerdekaan direbut oleh para pahlawan kesuma bangsa yang mempunyai keinginan luhur untuk merdeka, sehingga kita wajib mendoakan mereka agar diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Kegiatan 171717 yang akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan  Indonesia ke-72 merupakan  bentuk pelaksanaan Sila Pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagaimana yang diamanatkan Presiden Joko Widodo pada penetapan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2017 yang lalu.

Anugrah/MN

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com