Published On: Wed, Mar 15th, 2017

Tingkatkan Keamanan Regional, Unhan menjadi Rujukan National Defense College of Thailand

Ilustrasi

MNOL, Jakarta – Universitas Pertahanan (Unhan) menjadi institusi rujukan utama para siswa National Defense College of Thailand saat study visit di Indonesia. Para siswa sejumlah 19 orang dengan komposisi 8 Perwira Tinggi, 7 pejabat sipil pemerintah Thailand dan 4 profesor dipimpin langsung oleh Jenderal Niwat Subongkot.

Sedangkan rombongan Unhan dipimpin Warek I Prof. Dadang Gunawan mendampingi Duta Besar Thailand untuk Indonesia, Phitchyapant.

Bertempat di Kedubes Thailand di Jakarta, pembekalan kepada para siswa diberikan oleh Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. dengan judul “The Roles and Responsibilities of Indonesia Defense University toward the Chaotic, Complex and Uncertain Security Situation.”

Pada sesi diskusi, beberapa pertanyaan para siswa menunjukkan tingkat apresiasi yang tinggi atas capaian prestasi Unhan selama ini. Hasil-hasil penelitian Unhan untuk rekomendasi kebijakan keamanan dapat dipahami dengan baik oleh para siswa.

Beberapa pendapat akademik Unhan juga mendapat tanggapan positif untuk meningkatkan kerjasama Indonesia-Thailand, dan ASEAN. Bagi Unhan, kesempatan memberi pembekalan kepada siswa Mancanegara dinilai sangat penting untuk menyampaikan pandangan-pandangan Indonesia di level bilateral.

Atase Pertahanan Thailand Colonel Songvit Vayuheurd berpandangan bahwa “Peran dan tanggung jawab Unhan sangat dibutuhkan menciptakan situasi keamanan regional dan global sebagaimana program-program aksi yang tertuang di dalam APSC Blueprint dan U.N. SDG.”

Ia percaya materi pembekalan yang disampaikan sangat bermanfaat dan membuka cakrawala baru para siswa National Defense College of Thailand. Bahkan, ia juga akan membuat rekomendasi kepada pemerintah Thailand untuk mengirim mahasiswa ke Unhan.

(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com