Published On: Fri, Feb 9th, 2018

Tingkatkan Pariwisata Sumbar, Presiden Jokowi Revitalisasi 1.000 Rumah Gadang

Presiden Jokowi didampingi oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Menkominfo Rudiantara, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo, dan Ketua PWI Margiono memukul tabuk tanda berakhirnya HPN 2018

MN, Padang – Presiden Joko Widodo mencanangkan revitalisasi total kawasan 1.000 rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan di Provinsi Sumatera Barat.

“Nanti revitalisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat khususnya juga diseluruh pelosok Tanah Air,” kata Presiden dalam sambutannya saat acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Padang pada Jumat (9/1/2018)

Menurut Presiden, pemerintah diharapkan dapat menyelesaikan pembangunn pada 2018.

Presiden menjelaskan dirinya menilai keadaan alam di Desa Paringan, Kabupaten Tanah Datar sangat indah dan berpotensi untuk industri pariwisata.

“Sekalian saya tugaskan selain yang ada di Solok Selatan, di desa yang tadi pagi untuk bisa diselesaikan tahun ini. Landscape, restorasi rumah-rumah yang ada,  sehingga akan menambah cantik rumah ada yang ada di Solok Selatan maupun Paringan tadi,” ujar Presiden.

Kepala Negara juga menceritakan tentang kekagumannya akan rumah gadang saat dia pertama kali melihat bangunan itu di Solok Selatan pada 1983.

“Jadi saya ingat betul waktu naik Kerinci, lewat Solok Selatan, kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah sekali,” jelas Jokowi.

Presiden telah mengunjungi Desa Terindah di Tanah Datar pada Jumat pagi. Revitalisasi 1000 rumah gadang ini dimaksudkan untuk menjaga tradisi dan adat minang sekaligus menjadi daya Tarik pariwisata Sumbar.

Dalam acara yang dihadiri oleh beberapa Dubes negara sahabat, Menteri Kabinet, Panglima TNI dan Kapolri, Presiden Jokowi menutup secara resmi perhelatan akbar HPN 2018 dengan memukul alat musik tabuk.

Dalam pemukulan tabuk tersebut, Presiden didampingi oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Menkominfo Rudiantara, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo, dan Ketua PWI Margiono. Dengan demikian rangkaian HPN 2018 di Padang berakhir dengan sejuta harapan bagi masyarakat Sumbar.

Selanjutnya, Presiden melakukan ibadah sholat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat sebelum melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Padang untuk bersilaturahim dengan para akademisi.

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com