Published On: Sun, Jan 21st, 2018

Visi Jadikan Lokasi Olahraga Air Berkelas Dunia, Kolinlamil Prakarsai Penataan Danau Sunter

Tim Dayung Kolinlamil sedang berlatih sebagai salah satu pemanfaatan Danau Sunter sebagai Sarana Olahraga air.

Tim Dayung Kolinlamil sedang berlatih sebagai salah satu pemanfaatan Danau Sunter sebagai Sarana Olahraga air.

MN, Jakarta – Sejalan dengan rencana pemerintah provinsi DKI Jakarta yang akan mengadakan Festival Danau Sunter, Kolinlamil turut mendukung penataan kawasan Danau Sunter yang akan ditata seperti Danau di Geneva Swiss. Danau Sunter yang kini sudah bersih dari sampah tersebut, dimanfaatkan sebagai pusat olahraga air yang diprakarsai oleh Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Kolinlamil telah memprakarsai pemanfaatan Danau Sunter sebagai Pusat Olahraga Air yang diresmikan pada tahun lalu (16 Mei 2017) menjelang peringatan HUT ke-56 Kolinlamil dan dihadiri jajaran Kolinlamil, pemprov DKI dan jajaran Kotama TNI AL lainnya.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yudo Margono, S.E. mengatakan bahwa Kolinlamil sangat mendukung penataan kawasan Danau Sunter yang sangat potensial untuk dikembangkan dan ditata sebagai bagian dari pemanfaatan sarana olahraga air sekaligus pariwisata. Kolinlamil telah memanfaatkan Danau Sunter ini sebagai sarana latihan untuk olahraga dayung dan ski air.

“Untuk itu Kolinlamil sangat mendukung penataan kawasan Danau Sunter untuk kepentingan bersama yang dapat dimanfaatkan terutama bagi masyarakat yang ingin berolahraga air seperti dayung dan ski air. Dan Kolinlamil juga siap mendukung dari aspek personil bilamana dibutuhkan dalam penataan kawasan tersebut,” ujarnya.

Di lokasi Danau Sunter, saat ini ratusan petugas mulai bekerja dengan membongkar pagar dan menebang pohon yang ada di sisi Jalan Danau Permai Timur. Sementara untuk alat berat sendiri, dikerahkan dua alat berat eskavator dan tujuh unit truk.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi yang meninjau proses penataan tersebut mengatakan kegiatan kali ini merupakan rangkaian dari persiapan Festival Danau Sunter. Rencana kegiatan tersebut akan digelar pada bulan Februari mendatang.

“Minggu depan kita akan melaksanakan kegiatan olahraga air massal (renang danau, dayung dan ski air) dengan mengajak Kolinlamil yang sudah terlebih dahulu memanfaatkan Danau Sunter sebagai sarana olahraga air” tuturnya.

Rencana pihak pemda Kotamadya Jakarta Utara tersebut untuk mengajak masyarakat memanfaatkan sarana yang ada di Kawasan Danau Sunter sebelum diselenggarakannya Festival Danau Sunter Februari mendatang.

“Danau ini memiliki luas, lebar, dan volume air yang ideal untuk dijadikan lokasi pusat olahraga air. Arus airnya pun cukup tenang. Menurut saya ini cocok dan aman untuk olahraga air disini dan saya sudah coba,” kata Wakil Walikota Jakarta Utara Junaedi, S.Sos., M.Si.

Senada dengan pihak pemerintah Kotamadya Jakarta Utara, Pangkolinlamil  berharap masyarakat ikut menjaga kondisi danau agar bersih dari sampah. Dengan begitu, danau ini dapat menjadi ruang berlatih bagi masyarakat yang ingin menggeluti olahraga air.

“Kami mengimbau masyarakat turut menjaga danau ini dari sampah. Agar dari kawasan Danau Sunter ini dapat melahirkan atlet-atlet olahraga air yang dapat berprestasi dalam perlombaan nasional maupun internasional,” katanya berharap.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com