Published On: Wed, Feb 22nd, 2017

Warna Baru dalam Pelaksanaan Apel Komandan Satuan (AKS) di Atas Kapal Perang

Apel Komandan Satuan di Kapal Perang KRI Surabaya-591 di sekitar Samudera Hindia Kamis (22/2).

MNOL, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P. membuka Apel Komadan Satuan (AKS) Tahun 2017 di atas Kapal Perang KRI Surabaya-591, Kamis (22/2) yang tengah berlayar di sekitar laut Samudera Hindia. KRI Surabaya-591 sebelumnya berangkat dari Dermaga Kolinlamil Jakarta, menuju Samudera Hindia kemudian ke Teluk Lampung dengan membawa peserta sebanyak 310 personil para Komandan Satuan di jajaran TNI AL.

Kegiatan AKS TNI AL dilaksanakan selama tiga hari pada 21-23 Februari 2017 dengan mengangkat tema “Penajaman Peran Komandan Satuan Guna Meningkatkan Efektifitas Operasi, Kesiapan Alutsista dan Profesionalisme Prajurit Matra Laut”. Kegiatan apel komandan satuan kali ini juga akan diisi dengan kegiatan berupa ketangkasan prajurit yang bertujuan untuk membangkitkan kembali jiwa keprajuritan yang ada di dalam diri para peserta apel komandan satuan.

Seiring dengan meningkatnya intensitas pemanfaatan ruang laut, maka aktivitas pengawasan dan penjagaan perbatasan pun meningkat. Hal ini, menjadi tugas dan tanggung jawab TNI AL dalam menjaga keutuhan NKRI dari berbagai ancaman maupun tindakan kriminal, seperti pembajakan, perompakan, dan trans nasional trading yang melanggar. Dibutuhkan sejumlah personil keprajuritan yang semakin mumpuni dalam menghardik seluruh ancaman tersebut. Dalam momen AKS inilah, peran AKS mampu meningkatkan pemahaman seluruh prajurit akan peran vital TNI AL dalam menjaga kawasan teritorinya.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan bahwa Apel Komandan Satuan TNI Angkatan Laut merupakan kegiatan tahunan dengan titik berat penyelenggaraan yaitu berkumpulnya seluruh komandan satuan sehingga dapat meningkatkan soliditas dan silaturahim serta untuk menyamakan persepsi mengenai tugas TNI Angkatan Laut, sekaligus memberikan pemahaman mengenai kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut dalam mengantisipasi tantangan tugas yang semakin kompleks.

Menurut Kasal, AKS kali ini berbeda dengan pelaksanaan apel komandan satuan pada tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan dipangkalan, sehingga pada tahun ini, pelaksanaan apel komandan satuan dilaksanakan di KRI sambil berlayar. “Hal ini dimaksudkan untuk mempertegas kembali bahwa medan tugas utama kita adalah di laut. Oleh karena itu, komandan satuan dituntut untuk berperan lebih, guna menyiapkan unsur-unsur dan personelnya sehingga efektifitas operasi, kesiapan alutsista, serta profesionalisme prajurit dapat terpenuhi,” tegasnya.

Pada hari pertama, diawali pembekalan tentang Analisis Pusat Kekuatan, Garis Operasi Line of Operation, Aturan Pelibatan, Pengenalan Siber dan Demo VBSS. Hari kedua, pembukaan kegiatan oleh Kasal dilanjutkan paparan Irjenal, paparan Aspam Kasal, pembekalan Asops Kasal, Aspers Kasal dan Aspotmar Kasal dilanjutkan sosialisasi bidang hukum oleh Kadiskumal. Hari ketiga, dilaksanakan pendaratan amphibi menggunakan tank LVT-7 dan BMP 3F dengan membawa peserta AKS ke Pantai Caligi, Lampung. Kegiatan diakhiri dengan kegiatan ketangkasan prajurit yang melibatkan seluruh personel AKS. (Trianda Surbakti/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com