Published On: Wed, Aug 30th, 2017

Wujudkan Keamanan Selat Malaka, Guskamla Koarmabar gelar Diskusi dengan Stakeholders Maritim di Batam

Coffee Morning Danguskamlaarbar dengan stakholeder maritim di Batam

MN, Kepri – Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamla Koarmabar) menggelar acara coffee morning dengan para stakeholder maritim dalam rangka koordinasi kemaritiman, di Gedung Nakula, Markas Komando (Mako) Guskamla Koarmabar, Jalan Laksamana Bintan, Batam Center, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (30/8).

Acara coffee morning dipimpin langsung oleh Komandan Guskamla Koarmabar (Danguskamlaarmabar) Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M. Tr (Han). Dalam acara tersebut dihadiri oleh pejabat dari Kabinda Kepri, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Kepala Zona Maritim Wilayah Barat Bakamla, Direktur Polair Polda Kepri, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus Batam, Kepala Kantor Bea dan Cukai Batam, Kepala KSOP Batu Ampar, Basarnas/Kakansar TPI, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Disnav Tanjung Pinang, Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP), dan para pelaku Industri Jasa Maritim di Kepulauan Riau.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya acara tersebut dalam rangka mendiskusikan permasalahan kemaritiman. Dan tentunya sharing atau pertukaran informasi terkait bidang kemaritiman di Selat Malaka dan sekitarnya.

Acara dibuka oleh Danguskamlaarmabar yang menyampaikan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat maritim dalam membangun sinergitas keamanan maritim, dalam rangka mendukung kebijakan Presiden Republik Indonesia. Untuk mewujudkan visi poros maritim dunia itu harus memerlukan kerjasama antara stakeholders maritim yang memiliki kemampuan hebat dan baik secara teknologi maupun kemampuannya serta menghindari ego sektoral.

Dalam paparanya Danguskamlaarmabar juga menyampaikan pentingnya pengelolaan keamanan maritin guna meningkatkan kemampuan untuk mewadahi seluruh instansi maritim bersama-sama mengamankan perairan di Indonesia, khususnya Selat Malaka, Selat Singapura. Hal itu diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa maritim.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi secara langsung yang dikendalikan oleh Danguskamlaarmabar melalui mekanisme penyampaian pendapat dan saling menanggapi.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa dengan adanya sinergitas instansi maritim, diharapkan akan dapat memberikan informasi-informasi kepada stakeholders maritim, sehingga dengan adanya informasi masuk maka segera ditindaklanjuti oleh aparat di lapangan, seperti TNI Angkatan Laut/Western Fleet Quick Response (WFQR), Bea Cukai, KKP, Bakamla RI dan lainnya guna memberikan rasa aman bagi pengguna jasa maritim.

Sementara itu, dari stakeholders maritim sangat mendukung dan menyambut baik gagasan coffe morning yang diawali oleh Guskamla Koarmabar untuk selanjutnya, acara coffe morning akan dilaksanakan secara bergiliran tiap bulan guna meningkatkan sinergitas dan soliditas seluruh instansi maritim dalam rangka penanganan tindakan illegal di laut demi mewujudukan kepentingan nasional yang baik.

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com