Published On: Tue, Jul 27th, 2021

USAV Harpers Ferry Milik US Army Sandar di Pelabuhan Panjang

USAV Harpers Ferry di pelabuhan Panjang, Lampung

MN, Bandar Lampung – Latihan tempur berskala internasional (Garuda Shield ke-15) bertujuan meningkatkan kerjasama dan kemampuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army), akan digelar pada tanggal 1 – 14 Agustus 2021 di Pusat Latihan Pertempuran Kota di Rahlat Puslatpur Baturaja, Sumatera Selatan.

USAV Harpers Ferry, kapal angkut jenis LCU (Landing Craft Utility) merupakan kapal militer yang dioperasikan oleh US Army, dan kapal MV Green Bay, sandar di pelabuhan Panjang di dermaga A yang dikelola oleh PT Pelindo II (Persero), sejak hari Minggu (18/7).

Kedua kapal tersebut membawa Personil dan perlengkapan latihan tempur sebanyak 14 kontainer, dimana 11 kontainer diturunkan pada tanggal 22 Juli 2021 di pelabuhan Panjang dalam rangka mendukung latihan bersama di Baturaja, Sumatera Selatan.

Sementara 3 buah kontainer lainnya tetap di atas kapal, yang akan dibawa ke Balikpapan guna mendukung Latihan bersama di Amborawang, Kalimantan Timur.

US Army direncanakan akan mengirim kurang lebih sebanyak 1.000 hingga 1.300 personil, serta berbagai jenis peralatan tempur yang didatangkan dari Amerika Serikat melalui jalur laut dan udara.

Pihak PT Pelindo II (Persero) atau IPC melalui General Manager IPC Panjang Adi Sugiri menjelaskan, bahwa seluruh kegiatan di dermaga A pelabuhan Panjang, Lampung tetap mengutamakan prokes Covid-19 dan siap memberikan dukungan penuh bagi kelancaran kegiatan internasional tersebut.

“Kami memberikan fasilitas terbaik untuk kegiatan bongkar muat kargo khusus, seperti peralatan dan kendaraan tempur dari kapal ke dermaga maupun sebaliknya,” pungkas Adi.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com