Published On: Sun, May 14th, 2023

Bertemu Prabowo, Kasad AS Ingin Ciptakan Perdamaian Indo-Pasifik

Dok Foto: Istimewa.

Jakarta (Maritimnews) – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) James McConville di Jakarta, Jumat (14/5/23).

Dalam pertemuan itu, McConville mengajak Indonesia untuk mewujudkan ikatan keamanan yang lebih kuat di tengah meningkatnya aktivitas maritim China di kawasan Indo-Pasifik.

“Kami membahas cara-cara untuk memperdalam kerja sama, termasuk peningkatan latihan militer antarnegara,” ungkap McConville.

McConville tiba di Jakarta pada Kamis (11/5) malam dari Filipina. Negara pimpinan Marcos Jr itu saat ini sedang bersengketa dengan China atas wilayah di Laut China Selatan.

Kunjungan McConville ke Filipina sebagai tindak lanjut atas latihan perang bersama AS-Filipina pada bulan lalu yang membuat marah Beijing.

Ia mengklaim bahwa militer AS memiliki banyak teman di kawasan ASEAN. Intinya ia berkomitmen ingin mewujudkan perdamaian, keamanan, dan stabilitas di kawaan ini.

“Itulah sebabnya kami bekerja sama untuk mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka bagi semua orang,” jelasnya.

Sementara itu, Menhan Prabowo mengatakan upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan sudah menjadi perhatian Indonesia sesuai amanat Konstitusi.

”Posisi Indonesia bersikap netral karena ingin menjaga hubungan dengan semua negara, terutama semua (negara dengan) kekuatan besar,” ujar Prabowo.

Indonesia bersama ASEAN) sudah komitmen akan meredakan ketengangan di Laut China Selatan. Hal itu juga tertuang dalam pertemuan kepala negara ASEAN di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Kamis (11/5/23).

Kendati ada negara ASEAN yang terlibat konflik langsung dengan China seperti Brunai Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Vietnam, serta Taiwan, namun saat ini Indonesia masih menjaga netralitasnya.

China dan ASEAN sebelumnya juga berhasil menuntaskan pembahasan kode etik untuk menghindari konflik di kawasan tersebut. Peran Indonesia melalui AOIP (Asean Oulook on Indo-Pasifik) sangat besar dalam menciptakan stabilitas keamanan di kawasan. (*)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com