Published On: Mon, Jan 29th, 2018

Dialog dengan Masyarakat Maritim dan Nelayan di Nias, Danlatamal II Dianugrahi Gelar Adat

Danlantamal II Padang Laksma TNI Agus Sulaeman dianugrahi gelar adat di Nias

MN, Nias – Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., mengadakan dialog dengan Masyarakat maritim dan  Nelayan Nias di Desa Bawomataluo Nias Selatan, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Danlantamal II Padang memberikan pengarahan secara langsung kepada masyarakat nelayan tentang pentingnya keselamatan dan keamanan di laut. Di mana Pulau Nias merupakan kepulauan terluar wilayah Indonesia yang berada di Sumatera bagian barat yang dikelilingi oleh lautan, sehingga banyak masyarakat setempat berprofesi sebagai nelayan dan pengguna laut.

Masyarakat Maritim dan  nelayan merupakan mitra dari Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal II maupun Lanal Nias. Keduanya terdapat kerjasama dalam memberikan informasi-informasi tentang adanya pelanggaran-pelanggaran yang berada di laut. sehingga dapat diantisipasi dan dilaksanakan penanganan secara cepat.

“Untuk itu, TNI Angkatan Laut akan selalu siap menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia serta siap mendukung dan membantu program pemerintah dalam bidang maritim dan kelautan,” tandas Danlantamal II Padang.

Selain melaksanakan dialog, Danlantamal II Padang juga meninjau makam Saonigeho yang berada di desa Bawomataluo sekaligus pada kesempatan tersebut Dalantamal II Padang menerima penyematan pakaian adat oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., MH., didampingi Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto bersama ketua adat Nias Selatan.

Danlantamal II Padang beserta rombongan menyaksikan acara adat lompat batu yang merupakan tradisi dari penduduk desa Bawomataluo Nias Selatan dan dilanjutkan dengan peninjauan ke rumah adat raja.

 

(Anug/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com