Published On: Wed, Mar 21st, 2018

Sinergi Antar BUMN, Kesepakatan IPC Panjang dan PTPN VII

Kesepakatan sinergi BUMN

MN, Bandar Lampung – Sinergi antar BUMN disepakati oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang/IPC Panjang dan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII) dengan menandatangani kesepakatan pengalihan aset DUKS (Dermaga Untuk Kepentingan Sendiri) milik PTPN VII kepada IPC Panjang.

Kesepakatan yang ditandatangani oleh Direktur Komersil PT PTPN VII, Muhammad Nugroho dan General Manager IPC Panjang, Drajat Sulistyo, mengatur mengenai mekanisme peralihan Jetty (dermaga curah cair) sepanjang 222 meter. Selama ini Jetty digunakan untuk menangani kargo Crude Palm Oil (CPO) milik PT PTPN VII.

Jetty tersebut sebelumnya berstatus DUKS, kedepannya bakal diubah menjadi bagian dari Dermaga Umum sehingga dapat digunakan untuk melayani kargo curah cair milik perusahan lain yang beraktifitas di Pelabuhan Panjang.

Seperti diketahui arus kargo curah cair yang ditangani di Pelabuhan Panjang pada tahun 2017 mengalami kenaikan sebesar 200.000 ton dibandingkan tahun sebelumnya.

Melihat pertumbuhan volume barang beberapa tahun terakhir kapasitas dermaga untuk menangani curah cair di Pelabuhan Panjang sendiri menjadi kebutuhan yang sangat mendesak, sehingga tentunya kesepakatan ini dapat menjadi dukungan awal untuk aktifitas bongkar/muat (B/M) curah cair di Pelabuhan Panjang.

Menurut Drajat Sulistyo, sejalan trend kargo curah cair yang semakin meningkat, pengalihan aset adalah dalam rangka untuk peningkatan pelayanan Pelabuhan Panjang agar bisa menampung kegiatan bisnis di bidang curah cair baik CPO maupun kargo curah cair lainnya.

“Kami akan terus meningkatkan fasilitas dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi di Propinsi Lampung secara khusus dan Pulau Sumatra berikut Indonesia secara umum. Di sisi lain kami pun sedang mempersiapkan fasilitas pelabuhan lainnya untuk mewujudkan integrasi Pelabuhan Panjang dengan Tol Trans Sumatra,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com