Published On: Sat, Jan 9th, 2021

Bertemu Akumandiri, Gibran Komitmen Akan Majukan UMKM

 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Kantor DPD Akumandiri Surakarta.

MN, Surakarta – Wali Kota Surakarta periode (2020-2025) Gibran Rakabuming Raka menunjukan komitmennya dalam memajukan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) saat silaturahmi dengan DPD Akumandiri Surakarta, Rabu (6/1) lalu.

Kunjungan Gibran ke Kantor DPD Akumandiri Kota Surakarta ini guna mendengar dan menyerap aspirasi terkait permasalahan yang terjadi di sektor UMKM. Ketua DPD Akumndiri Surakarta, Mintorogo beserta segenap jajarannya menyampaikan banyak masukan kepada Gibran.

Beberapa masalah yang disampaikan DPD Akumandiri Surakarta kepada Gibran antara lain masalah pengelolaan limbah yang semestinya bisa dikelola dengan benar di Surakarta. salah satunya dengan membuat Bank Sampah pada setiap RW di Surakarta.

Mintorogo menambahkan dalam bidang industri dan perdagangan, kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha adalah network dan spesifikasi mutu.

“Untuk itu perlu pelatihan secara kontinyu dan untuk ekspor perlu regulasi yang mendukung. Harapan Akumandiri salah satunya adalah diberikan tempat yang permanen sebagai tempat untuk display hasil karya IUMKM Surakarta,” ungkapnya.

Masalah-masalah lain yang berkaitan juga dengan UMKM seperti mulai meredupnya kebudayaan Solo juga disampaikan oleh Mintorogo. Kemudian pelaku usaha di bidang kuliner Solo, Akumandiri berharap produk-produk ini bisa go international dengan meningkatkan SDM dan teknologi buat UMKM.

Dalam kesempatan itu, Gibran menyatakan program kerja dan ide ide kreatif dari Akumandiri memang sudah sesuai dengan Misi Visi program kerjanya sebagai Walikota terpilih. Untuk itu menjadi lebih mudah dalam bersinergi dan bekerja sama ke depannya.

“Perlu menjadi perhatian tentang pelatihan untuk IUMKM, seharusnya tidak berhenti pada selesainya kegiatan pelatihan tetapi harus kontinyu dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Social media juga seharusnya digunakan sebagai Marketing Tools di era yang serba digital ini,” jelas Gibran.

Di bidang perbankan, putra Presiden Joko Widodo itu bertekad akan membantu pelaku IUMKM melawan bank plecit dan pinjaman online yang sebenarnya sangat memberatkan.

“Tahun 2021 menjadi tahun yang lebih berat, selain efek pandemi Covid juga karena banyak masalah yang belum diselesaikan di tahun sebelumnya. Untuk itu kita harus bekerja sama saling bahu membahu untuk kemajuan IUMKM di Surakarta,” pungkas Gibran.

Di tempat terpisah, Ketua Umum DPP AKUMANDIRI, Hermawati Setyorinny menyampaikan apresiasi yang besar kepada Wali Kota Surakarta.

“Kami mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Wali Kota terpilih Mas Gibran atas kesediaannya mau turun ke bawah, silaturahmi dan mendengarkan pendapat dan masukan dari Pengurus DPD AKUMANDIRI Kota Surakarta untuk memajukan UMKM di Solo,” ucap Rinny biasa disapa.

“Saya yakin dengan kepemimpinan beliau yang mau mendengar masukan dan keluhan masyarakat di bawah akan bisa melaksanakan visi misi secara benar dan tepat sasaran. Tak lupa juga memberikan penghargaan kepada para pengurus yang mempunyai tekad untuk bersama sama membantu UMKM yang dinaunginya dengan bersinergi dengan seluruh stakeholder di daerah,” tutup Rinny. (*)

 

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com