Published On: Mon, Mar 21st, 2016

Bangun Karakter Bahari dengan Berkunjung ke KRI Tanjung Nusanive-973

Siswa–siswi SMP Candle Tree School sedang mencoba memegang senjata meriam milik KRI Tanjung Nusanive 973. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Siswa–siswi SMP Candle Tree School sedang mencoba memegang senjata meriam milik KRI Tanjung Nusanive 973. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Maritimnews, Jakarta – Tidak henti-hentinya, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang bersandar di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi tempat tujuan masyarakat umum khususnya para pelajar untuk mengenal dan melihat dari dekat kapal perang kebanggaan Indonesia.

Hal ini terlihat dengan seringnya rombongan anak-anak sekolah mulai dari anak TK sampai tingkat  SMP, silih berganti memasuki Mako Kolinlamil untuk mengunjungi  kapal perang  TNI AL  yang merupakan kebanggaan  bagi bangsa indonesia.

Kali ini, 100 siswa-siswi SMP Candle Tree School Tangerang dan 50 murid KB-TK Sabilina berkunjung ke Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Tanjung Nusanive 973 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Senin (21/3).

Pihak sekolah memanfaatkan  kesempatan  ini sebagai ajang untuk menambah wawasan mengenai Kolinlamil sebagai Komando Utama (Kotama) yang mempunyai tugas pokok pembina tunggal  Angkutan Laut Militer (Anglamil).

Kunjungan wisata edukasi ini merupakan salah satu tujuan dari pihak sekolah untuk memperkenalkan kepada para pelajar tentang kapal perang milik TNI Angkatan Laut.

Menurut Kepala Sekolah SMP Candle Tree School Aloysius Sunaryo, M.Pd., kegiatan kunjungan ke kapal perang Kolinlamil ini dimaksudkan sebagai salah satu program sekolah dalam rangka mengenalkan kepada para siswa-siswi  ke tempat-tempat yang bernilai sejarah  dan mengandung  nilai edukasi.

“Berwisata sebagai salah satu kegiatan sekolah dan kita harus menambah wawasan  serta mengenalkan dunia kemaritiman sejak dini kepada anak-anak,” terang Sunaryo.

Sedangkan Kepala Sekolah KB-TK Sabilina Khusniyati Masykuroh justru ingin membangun karakter anak-anak asuhannya salah satunya dengan budaya kemaritiman, mengingat Negara Indonesia adalah Negara maritim yang harus dibangun generasi penerusnya lewat wawasan kemaritiman.

“Sekolah kami ingin memasukan budaya maritim sebagai salah satu karakter yang dibangun kepada para muridnya,” jelasnya.

Dalam kunjungan yang diwarnai suasana penuh keceriaan dari para pelajar dan guru itu, mereka diterima Perwira KRI Tanjung Nusanive 973 Letda Laut (E) Paksi yang menjabat Asisten Kepala Divisi Elektronika. Pada kesempatan tersebut, KRI Tanjung Nusanive  telah menyiapkan paket kegiatan, mulai dengan pengenalan secara umum tentang tugas TNI AL dan Kolinlamil,  garis besar kapal perang yang dikunjungi, yang meliputi tugas pokok, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang  bersangkutan.

Untuk menarik perhatian para siswa-siswi SMP dan taman kanak-kanak yang dibedakan waktu penerimaan kunjungannya, mereka mempertontonkan film yang berisi rekaman kegiatan maupun profil yang berkaitan dengan  kegiatan TNI AL dan Kolinlamil. Selain itu kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI AL sebagai penegak kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi nasional Indonesia juga tidak ketinggalan dipertontonkan.

Usai  pemutaran dokumentasi, para siswa diajak berkeliling ke seluruh bagian kapal sambil menerima penjelasan dari personel KRI yang bertugas mendampingi  para siswa berkeliling di kapal perang. Mulai dari melihat berbagai jenis persenjataan, peralatan navigasi, peralatan komunikasi dan kelengkapan alat-alat Search and Rescue (SAR), serta fasilitas akomodasi. (TAN)

 

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

alterntif text
alterntif text
alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com