Published On: Tue, Aug 8th, 2017

Pelabuhan Bitung yang Pertama Melakukan Go Live Inapornet di Tahun 2017

Direktur Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Bay M Hasani saat pelaksanaan go live Inaportnet di pelabuhan Bitung

MN, Bitung – Pelabuhan Bitung menjadi yang pertama ditahun 2017 menerapkan pelayanan secara on line melalui Aplikasi Inaportnet yang bertujuan meningkatkan pelayanan kapal di pelabuhan agar melayani secara cepat, terpercaya, transparan, dan terstandar serta biaya yang minimal, sehingga dapat meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia.

Acara peluncuran atau Go Live Aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Bitung dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Bay M Hasani. Dihadiri para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut serta stakeholders di bidang pelayaran di Propinsi Sulawesi Utara, Selasa (8/8).

Menurut Dirjen Hubla, Tonny Budiono, penerapan Inaportnet di Pelabuhan telah menjadi Quick Win Menteri Perhubungan, yang harus diterapkan di 16 (enam belas) pelabuhan di Indonesia dan pada tahap awal di 4 (empat) Pelabuhan Utama Makassar, Belawan, Tanjung Perak dan Tanjung Priok yang sudah diterapkan pada tahun 2016.

Penerapan Inaportnet di Pelabuhan didukung oleh beberapa Sistem yakni Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA), Sistem Kapal Online, Aplikasi Sertifikasi Pelaut, Sistem Informasi Kepelabuhanan, dan Sistem yang ada pada Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Inaportnet dapat berjalan apabila sistem pendukungnya handal dan terintegrasi dengan baik, sehingga seluruh sistem harus dibangun dan dikembangkan secara bersinergi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Pelaksanaan Go Live Aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Bitung merupakan bentuk kesungguhan dan komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam mewujudkan penerapan Inaportnet di Pelabuhan. Oleh karena itu Dirjen meminta agar semua pihak terkait di Pelabuhan Bitung mendukung dan melaksanakan komitmen serta menindaklanjuti dengan usaha keras bersama.

Sementara PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) selaku Badan Usaha Pelabuhan di Pelabuhan Bitung diminta agar membangun dan mengembangkan Sistem Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhannya yang andal dan sinergi serta terintegrasi dengan sistem-sistem di Kementerian Perhubungan. 

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com