Published On: Sun, Jan 28th, 2018

Danstkat Tutup Latpratugas Pamtas dengan Tiga Negara Tetangga

Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmatim Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara Irvandhani saat menutup Latihan Penyiapan Latpratugas Pengamanan Perbatasan antara RI-Malaysia, RI-Philipina, dan RI-Australia di Ruang Auditorium Puslat Kaprang, Kolatarmatim, Ujung Surabaya, Jum’at, (19/01).

Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmatim Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara Irvandhani saat menutup Latihan Penyiapan Latpratugas Pengamanan Perbatasan antara RI-Malaysia, RI-Philipina, dan RI-Australia di Ruang Auditorium Puslat Kaprang, Kolatarmatim, Ujung Surabaya, Jum’at, (19/01).

MN, Surabaya – Komandan Satuan Kapal Cepat  (Dansatkat) Koarmatim Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara Irvandhani yang bertindak selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat), menutup secara resmi Latihan Penyiapan Latpratugas Pengamanan Perbatasan antara RI-Malaysia, RI-Philipina, dan RI-Australia. Kegiatan penutupan tersebut bertempat di Ruang Auditorium Puslat Kaprang, Kolatarmatim, Ujung, Surabaya, Jum’at, (19/01).

Sebelum penutupan, di hari terakhir kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 15 s.d 19 Januari 2018 itu, dilaksanakan pembekalan pengetahuan tentang Komlek TNI AL dari Diskomlekarmatim yang dilanjutkan dengan pembekalan pengetahuan dan tanya jawab tentang ROE oleh Mayor Laut (P) Dahana Ali Perkasa, Pasops Satkatarmatim.

Usai pelaksanaan Sholat Jum’at, Dansatkat Koarmatim dalam acara penutupan menyampaikan bahwa kegiatan latihan penyiapan Latpratugas Pamtas RI-Malaysia, RI-Philipina, dan RI-Australia TA 2018 ini, memiliki tujuan untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan personel maupun unsur-unsur yang ada di dalamnya dalam rangka melaksanakan operasi Pamtas RI-Malaysia, RI-Philipina, dan RI-Australia TA 2018.

Sasaran dari latihan ini adalah agar para prajurit menguasai peran-peran di kapal, menguasai prosedur penghentian kapal-kapal dalam melaksanakan search and Rescue, memahami peraturan perundang-undangan, menguasai prosedur penanganan penyelundupan TKI ilegal, narkoba, barang elektronik, barang bekas, dan lain sebagainya.

Dengan berakhirnya latihan ini, Prajurit Koarmatim khusus yang terlibat latihan diharapkan dapat mengimplementasikan tiga pilar pembangunan TNI AL dalam hal peningkatkan profesionalisme prajurit, sehingga TNI AL menjadi handal dan disegani terutama dalam mengemban tugas operasi pengamanan perbatasan.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367, KRI Frans Kaisiepo-368, KRI Keris-624, KRI Pulau Raas-722, KRI lainnya yang berada di bawah jajaran Koarmatim, serta tim penilai dari Kolatarmatim.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com