Published On: Sun, Jan 21st, 2018

Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu telah masuk Daftar Dewan Nasional KEK

Pelabuhan Baai Bengkulu telah didaftarkan ke Dewan Nasional KEK

MN, Jakarta – Rencana Pemprov Bengkulu menjadikan Pelabuhan Pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ditindaklanjuti dengan pendaftaran pembentukan KEK ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Jumat (19/01).

Pendaftaran KEK Pelabuhan Pulau Baai diterima oleh Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto, yang disaksikan Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama Mardi Santoso dan Kepala Bagian Hukum dan Umum Paulus Ryanto.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi GM PT Pelindo II (persero) Cabang Bengkulu Drajat Sulistyo, menyakinkan kepada Dewan KEK bahwa Pelabuhan Pulau Baai dapat menjadi penggerak perekonomian koridor barat dan mampu meningkatkan perekonomian Provinsi Bengkulu.

Rohidin Mersyah mengungkapkan, bahwa pengembangan kawasan ekonomi khusus di Bengkulu bukan hanya berimplikasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi. Tapi juga akan menjadi titik strategis bagi perekonomian Indonesia koridor Barat.

Pemprov Bengkulu bersama PT Pelabuhan Indonesia II cabang Bengkulu, telah secara simultan melakukan kajian terhadap program strategis yang akan segera dimulai dari kawasan Pelabuhan Pulau Baai.

“Kawasan ekonomi khusus ini akan menjadi pemicu pertumbuhan perekonomian regional, melalui pengembangan Pelabuhan Pulau Baai,” ujarnya.

Adapun pengembangan Pelabuhan Pulau Baai sebagai penggerak perekonomian Indonesia koridor barat, sebagai kawasan industri telah mulai dengan melakukan peresmian pembangunan Terminal Curah Cair untuk CPO, salah satu komoditas unggulan di Bengkulu.

Selain pembangunan Terminal Curah cair untk CPO, di pelabuhan Pulau Baai juga akan dibangun Terminal Curah Kering dan lahan Karantina Hewan. Kedepan, Terminal curah cair, Terminal curah kering dan Terminal Hewan merupakan satu langkah penting bagi tumbuhnya trend positif roda perekonomian Provinsi Bengkulu.

Menurut GM PT Pelindo II Cabang Bengkulu, sebagai perusahaan yang memegang peranan penting dalam industri kepelabuhanan, PT Pelindo II (Persero) fokus untuk menjadi salah satu pihak utama dalam kemajuan dan perkembangan ekonomi di Provinsi Bengkulu.

“Melalui pengembangan yang dilakukan PT Pelindo II atau IPC Cabang Bengkulu dengan menjadikan Pelabuhan pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus diharapkan mampu mendukung kemajuan Provinsi Bengkulu,” pungkas Drajat Sulistyo.

(Bayu/MN)

About the Author

- Jurnalis Maritimnews.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com