Published On: Thu, Jun 7th, 2018

KSOP Banjarmasin Pastikan 8 Armada Kapal Arus Mudik Laik Berlayar

Dirjen Perhubungan Laut, Agus H Purnomo didampingi Sekditjen Arif Toha saat di pelabuhan Banjarmasin

MN, Banjarmasin – Dalam rangka mengawal arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 H/Lebaran 2018 bagi masyarakat pengguna jasa moda kapal laut, agar terlaksana dengan aman, selamat, tertib dan nyaman sebagaimana slogan Ditjen Perhubungan Laut, PASTINYA!

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin bersama Kantor Pusat Ditjen Perhubungan Laut memastikan 8 (delapan) armada kapal Roll on – Roll off (Ro-Ro) yang melayani angkutan mudik Lebaran tahun 2018 telah laik laut atau laik berlayar.

“Tim KSOP Banjarmasin didampingi tim Kantor Pusat melakukan uji kelaikan kapal dan dipastikan kondisinya semua baik,” jelas Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Bambang Gunawan kepada Maritimnews, Selasa (5/6).

Kepala KSOP Banjarmasin, Capt Bambang Gunawan

Bambang menambahkan, disamping kesiapan kapal, seluruh petugas Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada posisi siaga selama 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada pemudik dari mulai H-15 hingga H+15 Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2018.

“Pengertian laik laut berarti armada memenuhi persyaratan yang ditentukan, serta aman untuk berlayar di laut. Ditjen Hubla melaksanakan pengecekan fisik, termasuk memastikan tersedianya alat-alat keselamatan, termasuk jumlah penumpang yang tidak boleh melebihi kapasitas,” terangnya.

Kapal laik laut di pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Adapun dispensasi yang diberikan KSOP Banjarmasin terhadap jumlah penumpang pada setiap kapal hanya 25 persen dari empat perusahaan yang beroperasi melayani rute Banjarmasin-Surabaya dan Banjarmasin-Semarang, yakni PT Dharma Lautan Utama (DLU), PT Gerbang Samudera Sarana, PT Berlian Lautan Sejahtera dan PT Pelni (Persero).

“Kami tidak hanya melihat alat keselamatan yang tersedia, namun juga konstruksi dan bangunan kapal. Karena jenis kapalnya Ro-Ro, dimana kapal mengangkut bukan hanya orang tapi juga kendaraan,” terangnya.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2018

 

Pembentukan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran Pelabuhan Banjarmasin

Terbentuknya Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran Pelabuhan Trisakti Banjarmas merupakan bentuk sinergi antar instansi di pelabuhan, diantaranya KSOP Banjarmasin, Pelindo III, Polsek KPL dan Satuan Polisi Perairan Polresta Banjarmasin, Lanal Banjarmasin, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Balai Karantina Pertanian, Basarnas dan Dinas Perhubungan.

Dari sisi fasilitas Terminal Penumpang pelabuhan Banjarmasin, CEO Regional Kalimantan PT Pelabuhan Indonesia III, Recky Julius Uruilal menjelaskan, pihak Pelindo telah mempersiapkan fasilitas ruang tunggu yang nyaman serta dapat menampung hingga 5.000 orang.

Kemudian dari sisi pengamanan areal pelabuhan, pihak Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Polresta Banjarmasin menyiagakan 50 personel.

Kapolsek KPL Polresta Banjarmasin, Kompol Susilawati menghimbau kepada para pemudik di pelabuhan Trisakti agar mematuhi aturan hukum yang berlaku. Diingatkan tidak membawa barang berbahaya seperti senjata tajam, dan Narkoba, termasuk untuk tidak membeli tiket melalui calo. “Beli tiket sekarang sudah nyaman dengan sistem online,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com