Published On: Fri, Jul 13th, 2018

Pemilik Kapal di Muara Angke agar Prioritaskan Keselamatan Pelayaran

Dirjen Hubla menyerahkan life jacket di Kaliadem

MN, Jakarta – Kementerian Perhubungan meminta kepada seluruh pihak, khususnya pemilik kapal pelayaran rakyat di Pelabuhan Kaliadem Muara Angke untuk menciptakan budaya pelayaran yang selamat. Hal itu disampaikan Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo saat Sosialisasi Keselamatan Pelayaran di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke, Kamis (12/7).

Pemerintah meminta kepada seluruh stakeholder untuk menciptakan budaya pelayaran yang selamat, mulai dari memastikan kapal harus disertifikasi sesuai standar yang ada, memenuhi persyaratan minimum keselamatan, melengkapi kapal dengan alat-alat keselamatan paling sedikit harus ada life jacket, alat pemadam kebakaran dan pompa jika sewaktu-waktu kapal bocor.

“Kru kapal juga harus aktif mengkampanyekan kepada masyarakat akan pentingnya budaya keselamatan, misalnya dengan mengimbau penumpang untuk menggunakan life jacket dan tidak membuang sampah atau puntung rokok ke laut,” imbaunya.

Dirjen Agus menegaskan, Pelabuhan Kaliadem Muara Angke memiliki peran penting sebagai titik keberangkatan kapal menuju Kepulauan Seribu sehingga aspek keselamatan pelayaran menjadi sangat penting, terlebih pada waktu hari libur banyak wisatawan yang berlayar menuju Kepulauan Seribu.

Untuk itu diperlukan kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran, termasuk dengan membagikan life jacket kepada pemilik/operator kapal pelayaran rakyat yang menjadi program utama Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com